TNI Evakuasi Rombongan Terakhir WNI di Sudan Hari Ini

- Jumat, 28 April 2023 | 14:21 WIB
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kanan) menyatakan proses evakuasi terakhir WNI di Sudan akan dilakukan hari ini. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kanan) menyatakan proses evakuasi terakhir WNI di Sudan akan dilakukan hari ini. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Tim evakuasi dari TNI dijadwalkan mengangkut rombongan terakhir warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Sudan hari ini, Jumat (28/4/2023). Ada sebanyak 111 WNI yang masih berada di Sudan, akan diangkut ke Jeddah, Arab Saudi.

Tim evakuasi TNI telah melakukan dua kali proses evakuasi WNI yang berada di Sudan. Hal ini menyusul konflik yang terjadi antara tentara Sudan dan paramiliter Rapid Support Forces (RSF).

"Pesawat TNI AU yang kemarin saya berangkatkan, Boeing 737, sudah melaksanakan dua kali sorti evakuasi, 100 orang per sorti (penerbangan pesawat militer untuk misi tertentu)," kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dikutip dari Antara.

"Tinggal hari ini dan mudah-mudahan situasi aman. Tinggal 111 (WNI) tadi, mudah-mudahan bisa terangkut juga," sambungnya.

Proses evakuasi tersebut dilakukan dengan membawa WNI yang berada di Sudan ke Jeddah, Arab Saudi. Selanjutnya, mereka akan dipulangkan ke Tanah Air.

Adapun rombongan terakhir WNI yang akan diangkut ke Jeddah pada hari ini, dijadwalkan akan dipulangkan dari Jeddah ke Indonesia pada Minggu (30/4). Proses evakuasi dilakukan dengan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara Boeing A-7305 tipe 737-400.

Baca Juga: 298 WNI di Sudan Bakal Dievakuasi Tahap Kedua oleh Pemerintah

Yudo berharap evakuasi berjalan lancar sampai tahap terakhir. Dia juga menyampaikan harapan agar semua WNI dapat kembali ke Indonesia dengan selamat.

"Mudah-mudahan semuanya lancar, yang kemarin kami siapkan dengan baik bisa kembali ke Indonesia dengan selamat," tambahnya.

Sebelumnya, Yudo menjelaskan evakuasi via udara terpusat di Port Sudan karena waktu tempuh dari kota pelabuhan itu lebih singkat daripada dari Khartoum, Ibu Kota Sudan. Penerbangan dari Port Sudan ke Jeddah menghabiskan waktu 45 menit, sementara dari Khartoum ke Jeddah memakan waktu 1,5 jam.

Pemulangan WNI Dilakukan Bertahap

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan bahwa evakuasi dan pemulangan WNI dari Sudan ke Indonesia dilakukan secara estafet dan bertahap.

Dari 897 WNI yang dievakuasi, sebanyak 385 di antaranya telah tiba di Indonesia, Jumat pagi, pukul 05.46 WIB. Rombongan pertama yang dipulangkan itu terdiri atas 248 perempuan dan 137 laki-laki, di mana di antaranya terdapat 43 anak-anak.

Baca Juga: Konflik Militer Sudan, Menlu: 538 WNI Telah Dievakuasi Melalui Jeddah

Rombongan kedua akan dipulangkan dari Jeddah ke Indonesia, Sabtu (29/4), dan dijadwalkan tiba di Indonesia pada Minggu (30/4); sementara rombongan terakhir, yang menjadi penutup evakuasi, akan pulang ke Indonesia dari Jeddah pada Minggu.

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X