Sudan Dilanda Konflik, Presiden Jokowi Evakuasi 969 WNI: 936 Sudah Dipulangkan

- Senin, 8 Mei 2023 | 16:21 WIB
Presiden RI, Joko Widodo. (Instagram/@jokowi)
Presiden RI, Joko Widodo. (Instagram/@jokowi)

Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa sebanyak 969 Warga Negara Indonesia (WNI) telah berhasil dievakuasi dari Sudan, yang saat ini sedang dilanda konflik bersenjata.

Dalam keterangan tersebut, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa dari jumlah tersebut, 936 WNI telah dipulangkan ke Indonesia dan 33 lainnya berada di lokasi yang aman di luar Sudan.

"Ke depan, perlindungan WNI akan terus kami tingkatkan dan kami perkuat," kata Presiden Jokowi saat memberi keterangan pers di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Senin (8/5/2023).

Baca Juga: Lepas Atlet ke SEA Games 2023, Presiden Jokowi Targetkan 69 Emas untuk Kontingen Indonesia

Jumlah tersebut meningkat dari data terakhir yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, yang mengatakan bahwa 955 WNI telah dievakuasi dari Sudan pada jumpa pers di Gedung Kemlu RI, Jakarta, pada hari Jumat tanggal 5 Mei 2023.

Menteri Retno menjelaskan bahwa evakuasi dilakukan secara senyap untuk memastikan keselamatan dan keamanan WNI di tengah situasi yang dapat mengancam keselamatan mereka di Sudan.

"Karena semua menyangkut masalah safety and security dari WNI yang akan kami evakuasi, karena situasi setempat selalu sangat dinamis, sangat cair, dan dapat mengancam keselamatan para WNI," kata Retno.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) memastikan penyediaan layanan kesehatan terbaik bagi WNI yang telah dievakuasi dari Sudan.

Baca Juga: Jokowi Ingin May Day Jadi Momentum Tingkatkan Skill Tenaga Kerja Indonesia

Sejak tanggal 15 April 2023, Sudan dilanda konflik bersenjata yang dipicu oleh pertempuran antara panglima militer Abdel Fattah al-Burhan dan komandan paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) Mohammed Hamdan "Hemedti" Dagalo. Kementerian Kesehatan Sudan melaporkan bahwa lebih dari 550 orang telah tewas akibat pertempuran tersebut.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X