Operasi Damai Cartenz di Papua Segera Berakhir, Polri Segera Evaluasi

- Rabu, 28 Desember 2022 | 19:12 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Operasi Damai Cartenz 2022 yang bertugas menangani Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua bakal segera berakhir di akhir tahun ini. Mabes Polri pun bakal melakukan evaluasi terkait kelanjutan satgas tersebut pada tahun 2023 mendatang.

"Ya nanti setiap operasi prinsipnya ada evaluasi," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga:Polri Bakal Undang KPU-Bawaslu saat Rilis Akhir Tahun, Kenapa Ya?

Ramadhan menyebut evaluasi ini akan membahas seputar kinerja Operasi Damai Cartenz 2022 selama ini. Evaluasi tersebut juga bakal menentukan keberlangsungan atau berhentinya satgas ini.

"Damai Cartenz berakhir dan personel tentu akan kembali ke satuannya masing-masing. Nanti dari SOP Mabes Polri akan melakukan evaluasi, apakah ini akan diperpanjang atau tidak akan kita sampaikan," beber Ramadhan.

Baca Juga: Polri Bakal Fokus Pengamanan di Tempat Keramaian saat Malam Tahun Baru

Lebih jauh Ramadhan menyebut pihaknya bakal membeberkan hasil evaluasi jika sudah digelar. Dia menyebut tujuan dilakukannya evaluasi agar penanganan KKB ke depan semakin baik.

"Tentu tujuan evaluasi tersebut akan kita perbaiki agar ke depannya operasi ini lebih baik lagi," kata Ramadhan.

Sekedar informasi, Operasi Damai Cartenz 2022 meripakan operasi yang diisi oleh personel gabungan antara TNI dan Polri. Operasi ini dibentuk khusus untuk menangani KKB di Papua.

Tak hanya melakukan penindakan hukum ke KKB, banyak juga program-program Operasi Damai Cartenz yang dilakukan untuk masyarakat Papua. Operasi Damai Cartenz sendiri merupakan operasi pengganti Satgas Nemangkawi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X