The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kawasan Jalan Soekarno Diresmikan, Puan: Semoga Jadi Berkah bagi Masyarakat Purwokerto
Peresmian kawasan jalan Soekarno (INDOZONE/Harits Tryan)
News

Kawasan Jalan Soekarno Diresmikan, Puan: Semoga Jadi Berkah bagi Masyarakat Purwokerto

Rabu, 06 Juli 2022 15:17 WIB 06 Juli 2022, 15:17 WIB

INDOZONE.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan kawasan Jalan Soekarno di Purwokerto, Jawa Tengah. Kawasan Bung Karno berada di lahan seluas 50 hektare terdiri dari Jalan Soekarno yang menghubungkan Jalan Jenderal Soedirman dan Jalan Gerilya. 

Kemudian di kawasan itu ada juga menara pandang Purwokerto bernama Menara Teratai, Convention Hall Putera Sang Fajar, kawasan kuliner Madhang Maning Park, dan Jembatan Proklamator.

“Kawasan Jalan Soekarno yang menyandang nama Bapak Bangsa kita semoga menjadi berkah dan kebanggaan bagi masyarakat Purwokerto,” kata Puan di lokasi, Rabu (6/7/2022).

Puan berkata, Bung Karno dikenal dengan berbagai gelar. Sebagai Proklamator, sebagai Presiden pertama Republik Indonesia, penggali Pancasila, sebagai Bapak Bangsa, dan juga sebagai seorang arsitek yang andal.

Selain itu Puan juga membeberkan peran sang kakek yang berhasil membangun berbagai ikon Indonesia mulai dari Monas, Gedung DPR RI, hingga Masjid Istiqlal. Puan mengingatkan bahwa Bung Karno dikenal sebagai arsitek yang mendapat pengakuan dunia internasional.

“Bukan karena beliau membangun banyak gedung secara fisik belaka, tetapi karena ada gagasan besar, ada semangat besar yang Bung Karno wujudkan dengan pembangunan berbagai ikon arsitektur,” papar Puan.

Baca Juga: Puan Resmikan Pasar Banyumas: Jangan karena Datang Hari Ini Jadi Bersih, Besok Kotor Lagi

Oleh karena itu, Puan berharap jika ada bangunan, gedung atau kawasan yang menggunakan nama Bung Karno, harus dipastikan juga memiliki gagasan besar kebangsaan yang ingin dibangkitkan. 

Tentunya termasuk Kawasan Bung Karno Purwokerto yang harus memiliki gagasan besar untuk kesejahteraan rakyat. Karena itu ia berharap masyarakat yang datang atau melewati kawasan ini dapat memahami gagasan-gagasan dan pemikiran Bung Karno.

 “Serta meneruskan perjuangan Bung Karno,” ucap Puan.

Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan Kawasan Bung Karno dibangun menggunakan dana Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Ia juga menjelaskan alasan pemilihan nama Bung Karno. 

“Karena masyarakat Banyumas ingin berterima kasih kepada Bung Karno dan keluarganya atas jasa-jasa beliau. Di Jembatan Proklamator kalau malam indah, ada lampu-lampu,” terang Achmad Husein.

Di kawasan ini juga terdapat patung Bung Karno yang sangat tinggi dan besar. Patung perunggu tersebut karya seniman I Nyoman Nuarta yang juga telah membuat banyak patung ternama di Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US