Pimpinan MPR: Kesiapan Pemda dan Masyarakat Penting untuk Sukseskan PPKM Level 3

- Selasa, 23 November 2021 | 18:25 WIB
Warga melintas di dekat mural bertema pencegahan Covid-19 di Jakarta. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Warga melintas di dekat mural bertema pencegahan Covid-19 di Jakarta. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan, keberhasilan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di akhir tahun sangat tergantung kesiapan pemda dan masyarakat.

Maka dari itu untuk mencegah kerumunan, pengaturan mobilitas orang dan disiplin protokol kesehatan harus dilakukan jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 untuk menghindari potensi penyebaran Covid-19.

"Kebijakan PPKM level 3 di seluruh tanah air yang direncanakan pemerintah merupakan upaya agar seluruh provinsi di Indonesia tetap melakukan pengendalian Covid-19 meski pada suasana Natal 2021 dan Tahun Baru 2022," ungkap Lestari kepada wartawan, Selasa (23/11/2021).

Menurut Lestari, kebijakan pengendalian Covid-19 jelang masa libur akhir tahun telah ditetapkan, realisasinya akan sangat bergantung pada pelaksanaan oleh para pemangku kepentingan dan masyarakat di setiap daerah.

Konsistensi para pemangku kepentingan di setiap daerah, lanjut dia, sapaan akrab Lestari, dalam menerapkan kebijakan tersebut dengan benar sangat menentukan tingkat penularan Covid-19 di akhir tahun ini.

“Pengalaman membuktikan setiap masa liburan terjadi lonjakan mobilitas masyarakat, yang menyebabkan lonjakan penularan Covid-19 di tanah air beberapa pekan setelahnya,” bebernya.

Di sisi lain, tambah Politisi NasDem itu, pemahaman masyarakat tehadap strategi pengendalian penyebaran Covid-19 yang diterapkan pemerintah juga sangat penting.

Sebab dia berkata tanpa kerja sama yang baik antara para pemangku kepentingan dan masyarakat di setiap daerah dalam menerapkan kabijakan itu sulit untuk mendapatkan hasil yang baik.

“Karena itu, kesiapan para pemangku kepentingan dan masyarakat dalam melaksanakan kebijakan PPKM level 3 di masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, sangat penting,” tegas Lestari.

Kemudian itu Lestari mengharapkan saat kebijakan PPPKM level 3 dilakukan, pelaksanaan di lapangan bisa diterapkan secara efektif.

“Sehingga pada saat kebijakan tersebut berlaku, pelaksanaan di lapangan bisa efektif mengendalikan penyebaran Covid-19 di tanah air,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X