Sudah Minta Maaf, Penahanan Pemuda NTB yang Hina Palestina Lewat TikTok Ditangguhkan

- Kamis, 20 Mei 2021 | 21:23 WIB
Tersangka ITE, Ucok yang menangis saat menyampaikan permintaan maaf terkait konten video yang diduga bermuatan penghinaan terhadap Palestina dalam konferensi pers di Mapolda NTB, Selasa (18/5/2021). (photo/ANTARA/Dhimas B.P/istimewa)
Tersangka ITE, Ucok yang menangis saat menyampaikan permintaan maaf terkait konten video yang diduga bermuatan penghinaan terhadap Palestina dalam konferensi pers di Mapolda NTB, Selasa (18/5/2021). (photo/ANTARA/Dhimas B.P/istimewa)

Penahanan pemuda bernama Hilmiadi alias Ucok (23), yang hina Palestina lewat TikTok, ditangguhkan. Penahanan pemuda asal Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), itu ditangguhkan lantaran sudah minta maaf.

Mabes Polri mengedepankan keadilan restoratif (restorative justice) dalam menyelesaikan kasus dugaan penghinaan terhadap negara Palestina dengan tersangka seorang kreator konten media sosial TikTok oleh Ucok.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengungkapkan bahwa pihaknya mengambil langkah demikian karena melihat perbuatan yang dituduhkan terhadap HL tidak memenuhi unsur pidana pelanggaran pada Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Karena tidak memenuhi unsur pidana UU ITE. HL juga telah menyampaikan permohonan maaf," kata Ramadhan dalam siaran pers di Mataram, Kamis (20/5) dikutip dari ANTARA.

Baca juga: Viral Pria Aniaya Anak Secara Sadis Sambil Direkam, Bikin Netizen Geram

Dalam perkara yang terungkap di NTB ini polisi melakukan penangkapan dengan tujuan mengamankan yang bersangkutan karena unggahannya di media sosial tersebut dapat memecah belah bangsa dan membuat kegaduhan.

Pihak kepolisian juga telah melakukan komunikasi dengan tokoh agama, masyarakat, dan pihak lainnya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Hari ini penyidik kembali melaksanakan gelar perkara untuk melakukan 'restorative justice' yang dilakukan penyidik Ditkrimsus Polda NTB," ujar Ramadhan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto menjelaskan penyelesaian perkara dengan pendekatan itu lantaran penyidik mempertimbangkan bahwa tersangka sudah mengakui kesalahannya dan meminta maaf.

Selain itu, pelaku tidak memahami permasalahan yang terjadi antara Palestina dan Israel sehingga "iseng-iseng" membuat konten tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X