Senat AS Mengesahkan RUU untuk Melindungi Orang Asia karena Meningkatnya Kejahatan Rasial

- Jumat, 23 April 2021 | 08:58 WIB
Senat AS mengesahkan RUU untuk melindungi Orang Asia (REUTERS/Erin Scott)
Senat AS mengesahkan RUU untuk melindungi Orang Asia (REUTERS/Erin Scott)

Senator AS mengesahkan RUU yang ditujukan untuk menangani kejahatan rasial terhadap orang Asia-Amerika pada hari Kamis (22/4/2021). Partai Demokrat dan Republik bersama-sama mengutuk kekerasan terhadap orang Asia selama epidemi.

Dikutip dari Chinanews.com, Senator AS mengesahkan "Covid-19 Hate Crimes Act" dengan 94 suara mendukung dan satu suara menentang. Satu-satunya orang yang menentang ialah Senator Republik Missouri, Holly.

RUU tersebut diusulkan oleh Senator Partai Demokrat Jepang Keiko Hirono dan Perwakilan Partai Demokrat China Meng Zhaowen.

RUU tersebut akan memberikan kewenangan kepada Kementerian Kehakiman untuk menunjuk seorang pejabat untuk mempromosikan peninjauan kejahatan rasial dan memberikan informasi lebih lanjut bagi lembaga penegak hukum untuk memerangi kebencian.

RUU asli mengharuskan pemerintah untuk mengeluarkan panduan tentang 'menghentikan penggunaan bahasa diskriminatif.'Sementara versi baru dari RUU tersebut menggabungkan amandemen yang diusulkan oleh Keiko Hirono dan Maine dari Partai Republik Collins, yang mengharuskan pemerintah untuk mengeluarkan panduan 'untuk meningkatkan kesadaran akan kejahatan kebencian selama epidemi.'

-
Orang-orang menghadiri rapat umum Hentikan Kebencian Asia di Times Square di New York (REUTERS/Eduardo Munoz)

Selain itu, RUU baru juga memasukkan amandemen yang diusulkan oleh Senator Demokrat Blumenthal dan Senator Republik Moran. Amandemen tersebut bertujuan untuk memperkuat pelaporan kejahatan rasial, memberikan dukungan pelatihan kejahatan rasial oleh lembaga penegak hukum, dan membentuk saluran siaga kejahatan rasial.

Selama pandemi Covid-19 insiden diskriminasi dan kejahatan kekerasan terhadap orang Asia melonjak. Sebuah studi oleh California State University San Bernardino di 16 kota besar AS menemukan bahwa kejahatan rasial terhadap orang Asia meningkat 149% pada tahun 2020.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X