ICW ke KPK: Dari Mana Azis Syamsuddin Tahu Penyelidikan Dugaan Korupsi di Tanjungbalai?

- Minggu, 25 April 2021 | 11:07 WIB
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Indonesia Corruption Watch (ICW) mempertanyakan sejumlah hal terkait kasus korupsi yang menjerat Wali Kota Tanjungbalai Muhammad Syahrial dan kemudian turut menyeret nama Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin.

ICW mempertanyakan bagaimana Azis Syamsuddin mengetahui adanya penyelidikan kasus dugaan korupsi di Tanjungbalai. Pasalnya, Azis diketahui memperkenalkan penyidik Stepanus Robin Pattuju ke Syahrial karena diduga memiliki permasalahan penyelidikan korupsi.

Maka dari itu, peneliti ICW, Kurnia Ramadhana meminta kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang dilayangkan oleh pihaknya.

"Dalam hal ini, pertanyaan yang harus dijawab: darimana Azis tahu bahwa KPK sedang melakukan penyelidikan dugaan korupsi di Tanjungbalai?" ucap Kurnia dalam keterangannya yang dikutip Minggu (25/4/2021).

"Bukankah informasi penyelidikan itu tertutup? Besar kemungkinan ada informasi yang bocor dari internal KPK yang harus juga ditindaklanjuti," tambahnya.

Bahkan, ICW menyebutkan dalam siaran pers KPK juga mengatakan bahwa Azis Syamsuddin meminta agar Penyidik Robin dapat membantu supaya nanti permasalahan penyelidikan tersebut tidak ditindaklanjuti oleh KPK.

BACA JUGA: Peristiwa 25 April: Terusan Suez Dibangun hingga Hari Malaria Sedunia

"Menindaklanjuti konteks ini, KPK harus segera menerbitkan surat perintah penyelidikan atas sangkaan Pasal 15 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang mengatur tentang pembantuan dalam perkara Tipikor," terang Kurnia.

Diberitakan sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri memastikan ada keterlibatan Aziz Syamsuddin yang diduga memfasilitasi Stepanus untuk bisa bertemu dengan Walikota Tanjungbalai Syahrial. Dalam pertemuan itu, Stepanus diminta untuk tidak melanjuti penyelidikan dugaan korupsi yang menjerat Syahrial.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X