The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Curhat Pilu Warga Baduy yang Hutan Sakralnya Dirusak Penambang Emas Liar
Warga Baduy. (Instagram/@inforangkasbitung)
News

Curhat Pilu Warga Baduy yang Hutan Sakralnya Dirusak Penambang Emas Liar

Jumat, 23 April 2021 13:00 WIB 23 April 2021, 13:00 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah video yang memperlihatkan kesedihan warga adat Baduy viral di media sosial. Mereka sedih dan tampak terpukul melihat Gunung Liman yang merupakan hutan sakral suku Baduy dirusak oleh penambang emas liar.

Gunung Liman yang terletak di Banten sendiri merupakan hulu dari sungai-sungai besar di Banten. Aliran sungai besar seperti Ciujung, Ciliman, Cocarogol, Cibeureum, katanya berasal dari Gunung Liman.

Hutan tersebut kata warga Baduy, harusnya dilestarikan bukan dirusak untuk kepentingan semata. Warga Baduy meminta pemerintah mengambil sikap dan menindaklanjuti perusakan hutan tersebut.

Baca juga: Pemukiman Kawasan Suku Baduy di Lebak Banten Dilaporkan Sepi Wisatawan

"Pemerintah, kami itu diamanatkan leluhur. Sekarang gunung dihancurkan, lembah dirusak, adat dirubah. Sekarang terbukti di Gunung Liman, itu minta dijaga benar-benar oleh pemerintah," kata salah satu suku Baduy tersebut.

Dikutip dari akun Instagram @inforangkasbitung, Kepala Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten, Jaro Dulhani mengatakan bahwa hutan yang dirusak yaitu seluas kurang lebih 2 hektar.

Aksi perusakan hutan tersebut diketahui sudah berlangsung selama beberapa bulan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor
JOIN US
JOIN US