Pengertian Audit, Istilah yang Kerap Disebut Luhut Terkait Keterlibatan Bisnis PCR

- Senin, 15 November 2021 | 12:43 WIB
Menko Manivest Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Menko Manivest Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Manivest) Luhut Binsar Pandjaitan disebut-sebut terlibat dalam jaringan bisnis tes Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk pemeriksaan Covid-19.

Luhut diduga andil dalam penentuan biaya tes PCR sehingga ada rumor yang menyebutkan bahwa dia membisniskan tes PCR.

Dugaan tersebut dibantah oleh Luhut. Untuk itu, dia meminta agar dilakukan audit terkait persoalan biaya PCR sehingga tidak menjadi polemik berkepanjangan.

"Kalau salah kan nanti gampang saja diaudit," kata Luhut beberapa waktu lalu.

Apa itu audit?

Audit merupakan istilah umum yang dipakai untuk menyebut pemeriksaan laporan keuangan suatu perusahaan. Melalui proses audit, maka akan diketahui laporan keuangan secara akurat.

Merujuk laporan The Economic Times, audit adalah bagian dari pemeriksaan pembukuan hingga pemeriksaan fisik untuk memastikan apakah sebuah organisasi mengikuti sistem pencatatan yang telah direncanakan.

-
Ilustrasi audit (Pixabay)

Dalam laporan keuangan, audit bertujuan untuk memastikan apakah laporan yang disajikan sebuah organisasi akurat atau tidak.

Selain itu, audit juga dapat mencegah organisasi melakukan kesalahan dalam tata kelola dan penyajian.

Seseorang yang melakukan aduit biasa disebut auditor. Tahapan awal untuk melakukan audit, maka terlebih dahulu menunjuk seorang auditor.

Setelah itu, auditor melanjutkan tugasnya dengan mengumpulkan informasi, mulai dari rincian hingga tenggat waktu yang direncanakan.

Hal-hal yang ditemukan auditor dalam proses audit, maka akan disusun secara sistematis dalam sebuah laporan. Terakhir, auditor harus melaporkan hasil audit.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X