Asteroid 163899 akan Lewati Bumi pada 17 Desember, Ukurannya Sebesar Burj Khalifa

- Senin, 15 November 2021 | 10:10 WIB
Ilustrasi asteroid. (Foto/Pixabay)
Ilustrasi asteroid. (Foto/Pixabay)

Pelacak asteroid milik NASA menemukan ada sebuah asteroid besar yang berukuran sebanding dengan gedung tertinggi di Bumi, sedang menuju planet ini pada pertengahan Desember.

Disebut sebagai 163899 (2003 SD220), asteroid besar ini memiliki diameter sekitar 791 meter, hampir setengah mil panjangnya. Ini hampir seukuran Burj Khalifa di Dubai, bangunan buatan manusia tertinggi di Bumi.

Namun, pengamatan yang dilakukan pada tahun 2015 oleh Observatorium Arecibo di Puerto Rico menunjukkan bahwa itu bisa jauh lebih besar, setidaknya 2 kilometer panjangnya, dengan pengamat membandingkan bentuknya seperti ubi jalar.

Dikutip dari Jersalem Post, Senin (15/11), NASA awalnya memperkirakan ukuran asteroid itu adalah 1,6 kilometer. Namun saat ini, NASA menempatkan asteroid pada diameter 791 meter.

Asteroid itu akan terbang melewati Bumi pada 17 Desember dalam jarak sekitar 5,4 juta kilometer dari planet dengan kecepatan 5,6 km/detik.

Meskipun diklasifikasikan sebagai Asteroid Berpotensi Berbahaya (PHA) karena ukuran dan jaraknya yang dekat dengan Bumi, tampaknya tidak menimbulkan ancaman bagi planet ini.

Bahkan, NASA telah menyatakan Bumi aman dari dampak asteroid selama 100 tahun ke depan.

Asteroid ini termasuk dalam kelas Aten, artinya orbitnya bersilangan dengan orbit Bumi mengelilingi Matahari, tetapi menghabiskan sebagian besar waktunya di dalamnya.

Ada kemungkinan teoritis suatu hari nanti bisa menyerang planet ini, tetapi perhitungan saat ini menunjukkan itu bukan masalah.

Namun, ada nilai lain di asteroid ini, karena berpotensi menjadi lokasi misi eksplorasi robot.

Saat ini, tidak ada misi seperti itu yang direncanakan, tetapi secara teori dimungkinkan. Laboratorium Propulsi Jet NASA menghitung data untuk misi eksplorasi hipotetis ke asteroid.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X