Barack Obama Minta Pemimpin Dunia Segera Bertindak untuk Cegah Kerusakan Iklim

- Selasa, 9 November 2021 | 08:52 WIB
Mantan Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato pada Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26), di Glasgow, Skotlandia, Inggris, 8 November 2021. (REUTERS/Phil Noble)
Mantan Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidato pada Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26), di Glasgow, Skotlandia, Inggris, 8 November 2021. (REUTERS/Phil Noble)

Mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama meminta para pemimpin dunia segera bertindak untuk mencegah kerusakan iklim.

Dilansir Guardian, Obama mengatakan bahwa sementara kemajuan telah dibuat pada pembicaraan iklim Glasgow, termasuk janji yang dibuat oleh negara-negara anggota untuk mengurangi emisi metana dan mengakhiri deforestasi.

Dalam pidatonya di Cop26, Obama mengkritik China dan Rusia atas kegagalan menahan emisi yang dilakukan dua negara besar tersebut.

"Sangat mengecewakan melihat para pemimpin dua penghasil emisi terbesar di dunia, China dan Rusia, menolak untuk menghadiri persidangan," kata mantan presiden AS itu dalam pidatonya kepada delegasi di Cop26, tertuju pada Xi Jinping dan Vladimir Putin.

"Rencana nasional mereka tampaknya mencerminkan kurangnya urgensi dan kemauan yang berbahaya untuk mempertahankan status quo, dan itu memalukan," tambahnya.

Obama juga mengatakan pandemi Covid-19, kebangkitan nasionalisme di negara-negara seperti AS, dan penyebaran informasi yang salah di media sosial, telah mengacaukan upaya global untuk menghadapi perubahan iklim.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah 7 November: Mesin Rokok Dipatenkan Hingga Obama Jadi Presiden Lagi

"Jika orang-orang tua itu tidak mau mendengarkan, mereka harus menyingkir," kata Obama.

Pidato Obama pada minggu kedua konferensi iklim PBB di Glasgow, Skotlandia, Inggris, 8 November 2021, di mana para pemimpin dunia telah menggunakan retorika sarat malapetaka sambil berjanji untuk berbuat lebih baik, dengan janji pengurangan emisi baru menekan pemanasan global.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X