Bandara Ngloram Siap Beroperasi 26 November 2021

- Kamis, 11 November 2021 | 09:50 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua kiri) saat meninjau kesiapan fasilitas Bandara Ngloram, jelang dibukanya penerbangan komersial di bandara yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah tersebut, pada Rabu (10/11). (Kementerian Perh
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua kiri) saat meninjau kesiapan fasilitas Bandara Ngloram, jelang dibukanya penerbangan komersial di bandara yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah tersebut, pada Rabu (10/11). (Kementerian Perh

Bandara Ngloram, yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah dipastikan siap beroperasi pada 26 November 2021. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah mengonfirmasi hal ini melalui kunjungan langsung pada Rabu (10/11/2021)

"Rencananya Citilink yang akan melakukan penerbangan perdana," kata Menhub dalam kunjungan tersebut.

Untuk memastikan operasional bandara berjalan lancar, Menhub melakukan pengecekan sejumlah fasilitas. Di sisi udara, pengecekan dilakukan antara lain pada lantasan pacu, pagar pengaman, dan mobil pemadam kebakaran.

Adapun pengecekan di sisi darat dilakukan pada bangunan terminal penumpang. Sejumlah fasilitas lain yang menunjang aspek keselamatan juga menjadi perhatian Menhub dalam kunjungan ini.

"Saya sudah lihat tadi bangunan terminalnya indah sekali, karena pembangunannya dilakukan oleh arsitek pemenang sayembara desain bandara. Inysaallah pada saatnya nanti sudah beroperasi, dapat berjalan dengan baik," katanya.

Budi menjelaskan, pengoperasian Bandara Ngloram ini menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk membangun konektivitas di daerah-daerah maupun kota-kota kecil di Pulau Jawa. Selain Ngloram, pemerintah memiliki program pembangunan bandara lain yang bisa didarati pesawat jenis ATR-72.

Tujuannya agar jangkauan dari dan ke daerah-daerah tersebut lebih merata.

“Contohnya dari Jakarta – Cepu, Jakarta – Cilacap, atau Jakarta – Pangandaran bisa ditempuh lebih cepat menggunakan pesawat. Ini membuat konektivitas lebih pasti dan pengembangan di daerah juga lebih merata,” tuturnya.

Bandara Ngloram mulai dibangun oleh Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara sejak tahun 2018. Sebelumnya Bandara Ngloram adalah bandara milik PT Pertamina yang dibangun untuk menunjang operasional perusahaan. Bandara ini sudah tidak beroperasi lagi sejak tahun 1984.

Saat ini, Bandara Ngloram memiliki landas pacu (runway) sepanjang 1500 x 30 meter, taxiway 142 x 23 meter, Apron 90 x 60 meter, dan Terminal Penumpang seluas 3.526 meter persegi. Pembangunannya melibatkan masyarakat sekitar melalui program padat karya yang menyerap banyak tenaga kerja.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X