KPK, Kemenpan RB, dan BKN Kompak Bantah Buat Soal TWK, Lalu Siapa yang Buat?

- Sabtu, 8 Mei 2021 | 10:27 WIB
Patung Garuda Pancasila di gedung KPK (ANTARA/Benardy Ferdiansyah)
Patung Garuda Pancasila di gedung KPK (ANTARA/Benardy Ferdiansyah)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak ikut menyusun soal dan materi wawancara dalam tes wawasan kebangsaan (TWK).

KPK menggandeng BKN dalam tes tersebut dan BKN melibatkan Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Strategis TNI, Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat (Pusintel TNI AD), Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat (Dispsiad), dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dalam pembuatan soal TWK.

"Semua alat tes berupa soal dan materi wawancara disusun oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara) bersama lembaga-lembaga tersebut. Sebelum melaksanakan wawancara telah dilakukan penyamaan persepsi dengan pewawancara dari beberapa lembaga tersebut," kata Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (7/5/2021).

Ali menjelaskan bahwa KPK juga bukan merupakan penyelenggara tes tersebut melainkan BKN.

"Dari informasi yang kami terima dari pegawai KPK, ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab oleh pegawai beberapa di antaranya, misalnya berkaitan dengan tata cara beribadah dan pilihan hidup berkeluarga," ungkapnya.

Meski begitu, KPK terbuka akan kritik dari publik yang mempertanyakan keterkaitan antara beberapa materi pertanyaan, yang tidak berhubungan dengan tupoksi KPK.

KPK menekankan bahwa asesmen tes tertulis dan wawancara tersebut fokus pada ukuran penguatan integritas dan netralitas ASN.

"Adapun mengenai aspek kompetensi, perlu kami tegaskan kembali, pegawai KPK pada saat rekrutmen awal sudah memenuhi persyaratan kompetensi dan integritas sehingga aspek ini tidak dilakukan tes kembali," kata Ali.

Namun, Menpan RB Tjahjo Kumolo menegaskan pihaknya dan BKN tidak terlibat pembuatan soal TWK KPK.

“Kemenpan RB dan BKN tidak dalam posisi ikut test, apalagi buat soal,” kata Tjahjo pada Rabu (5/5/2021).

Menurutnya, ada tim yang berada di luar Kemenpan RB dan BKN yang menyusun soal tersebut.

“Ada tim psikotes. Yang saya tahu semua hasil test ada rekaman lengkap semua dari 1300-an pegawai KPK,” ujar Tjahjo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X