Bantah Selalu Turuti Kemauan China, Luhut Panjaitan: Emang Kita Bego?

- Selasa, 1 Juni 2021 | 16:24 WIB
Luhut Binsar Panjaitan. (Instagram/@luhut.pandjaitan)
Luhut Binsar Panjaitan. (Instagram/@luhut.pandjaitan)

Luhut Panjaitan tampaknya kesal karena terus-terusan dituduh menuruti kemauan China. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan investasi tersebut menuturkan bahwa pemerintah telah selektif mengakomodir permintaan investor asing termasuk China.

"Kita bawaannya curiga maunya China aja, emang kita bego apa?" ujar Luhut, Senin (31/5/2021).

Luhut menjelaskan bahwa SDM di Indonesia belum bisa memenuhi kebutuhan industri berteknologi tinggi dari yang syaratkan oleh penanam modal asal China.

Luhut mengatakan bahwa semua itu bertahap, seiring berjalannya waktu TKA asal China akan berkurang.

Sebelumnya, Luhut juga sempat mengatakan bahwa Indonesia tidak selamanya mendatangkan tenaga kerja dari China. Luhut kemudian menuturkan bahwa ia bukanlah orang bodoh.

“Kalau teman-teman tanya kenapa yang kita pakai itu tenaga Tiongkok, saya bukan orang bodoh memberikan itu (tenaga kerja) banyak kepada mereka. Saya pasti atur bagaimana supaya mereka dikurangi sebanyak mungkin,” kata Luhut dalam acara halal bihalal Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) secara virtual.

Luhut kemudian mengungkapkan bahwa jumlah TKA asal China di kawasan industri Morowali sebenarnya tidak sebanyak yang selama ini diperbincangkan publik.

Dari total 50 ribu pekerja di sana, TKA asal China hanya sekitar 3.500 orang dan selebihnya adalah orang lokal, kata Luhut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X