Menko Airlangga Sebut Program Kartu Prakerja Mampu Ciptakan Lapangan Kerja Baru

- Jumat, 4 Juni 2021 | 20:45 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (ANTARA/Sigid Kurniawan)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa program Kartu Prakerja sangat berperan dalam menciptakan lapangan kerja baru sehingga bisa membantu memulihkan ekonomi nasional.

“Saya ucapkan terima kasih kepada alumni Kartu Prakerja yang telah menerapkan ilmunya untuk berwirausaha sehingga membantu pemerintah menciptakan lapangan pekerjaan di masa pandemi seperti ini,” katanya di Jakarta, Jumat (04/06), seperti dilansir Antara.

Airlangga mengatakan bahwa program Kartu Prakerja membantu pemerintah untuk mencapai target rasio kewirausahaan nasional yang mencapai 3,9 persen dan pertumbuhan wirausaha baru sebesar 4 persen pada 2024.

Berdasarkan data hasil survei independen menyebutkan setelah mengikuti program Kartu Prakerja terjadi peningkatan sebesar 13 persen dalam jumlah kelompok wirausaha.

Bukan itu saja, ia mengatakan bahwa program Kartu Prakerja juga mempunyai keuntungan yakni skilling, upskilling, dan reskilling.

“Kebijakan-kebijakan yang diterapkan pemerintah diharapkan dapat maksimal memberikan dampak baik kepada masyarakat,” katanya.

Terlebih lagi, alumni program Kartu Prakerja juga berkesempatan mendapatkan manfaat Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan maksimal bunga hanya 3 persen untuk mengembangkan usahanya.

“Manfaatkan kesempatan ini. Kembangkan bisnis hingga memiliki dampak maksimal pada roda perekonomian nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan, realisasi KUR telah mencapai Rp103,19 triliun sejak awal Januari hingga 2 Juni 2021.

Angka itu adalah 40,79 persen dari target tahun 2021 sebesar Rp253 triliun yang diberikan kepada 2,81 juta debitur sehingga total outstanding KUR sejak Agustus 2015 sebesar Rp259,05 triliun dengan tingkat Non Performing Loan (NPL) sebesar 0,71 persen.

“Secara nasional realisasi penyaluran KUR untuk alumni Kartu Prakerja per triwulan I-2021 yang dilakukan oleh BRI dan BNI mencapai 2.242 debitur dengan total realisasi sebesar Rp65,9 miliar,” jelasnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X