Awas! Tebing 50 Meter di Jalur Wisata Bromo Longsor, Akses Jalan Terhambat Total

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 18:16 WIB
Longsor menutup badan jalan (Ahmad Sugeng Laksono/IDZ Creators)
Longsor menutup badan jalan (Ahmad Sugeng Laksono/IDZ Creators)

Tebing setinggi 50 meter di jalur menuju lokasi wisata Gunung Bromo longsor, setelah hujan deras melanda kawasan itu Jumat (11/3/2022) malam. Material longsoran tebing sempat menutup total akses jalan, akibatnya kemacetan sepanjang 2 km tak terhindarkan.

-
Akses jalan sempat macet total (Ahmad Sugeng Laksono/IDZ Creators)

Menurut keterangan yang dihimpun Tim IDZ Creators di lokasi, longsoran terjadi di tiga titik. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Desa Wonokerto, Probolinggo, Sugeng Wahyono.

“Longsoran ini terjadi di tiga titik, yakni di Jalan Kembar, di dekat jembatan Jurang Jontro dan tidak jauh dari Jurang Jontro, ketinggian tebing yang longsor sekitar 50 meter dengan kemiringan 75 sampai 80 derajat dan semuanya masuk Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, “ ujar Sugeng.

-
Alat berat diturunkan untuk bersihkan material longsor (Ahmad Sugeng Laksono/IDZ Creators)

Petugas TAGANA, TNI-POLRI, BPBD dan warga sekitar bahu membahu membersihkan material longsor menggunakan alat seadanya sampai jalur menuju Bromo dari Probolinggo dan sebaliknya bisa digunakan kembali.

-
Tebing longsor akibat hujan semalaman (Ahmad Sugeng Laksono/IDZ Creators)

Alat berat dari Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo tiba di lokasi Sabtu siang. Pembersihan material longsor pun tuntas sekitar pukul 14.00 WIB.

Pihak kepolisian mengimbau warga dan pengguna jalan yang melintasi jalur wisata Bromo agar waspada dan berhati-hati karena jika curah hujan tinggi, longsor kerap terjadi di kawasan ini.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini 

-
IDZ Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X