Soal Kasus Mafia Minyak Goreng, Mendag Sebut Calon Tersangka Bakal Diumumkan Senin

- Jumat, 18 Maret 2022 | 10:41 WIB
Warga antre membeli minyak goreng murah di Pasar Trayeman, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Warga antre membeli minyak goreng murah di Pasar Trayeman, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Menteri Perdagangan (Mendag) mengungkap jika calon tersangka mafia minyak goreng akan diumumkan pada Senin (21/3/2022). Dia menekankan jika pemerintah tidak akan mengalah kepada mafia minyak goreng dan memastikan akan menangkap mereka.

“Saya, kita pemerintah, tidak pernah mengalah apalagi kalah dengan mafia, saya akan pastikan mereka ditangkap dan calon tersangkanya akan diumumkan hari Senin," ujar Lutfi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/3/2022) malam.

Dia berujar jika praktik yang dilakukan oleh para mafia tersebut antara lain mengalihkan minyak subsidi ke minyak industri, mengekspor minyak goreng ke luar negeri, maupun mengemas ulang minyak goreng sehingga bisa dijual dengan harga yang tak sesuai harga eceran tertinggi (HET).

“Mengalihkan minyak subsidi itu ke minyak industri, baik yang diekspor ke luar negeri, maupunn di-repack untuk dijual dengan harga yang tidak sesuai dengan HET,” ucap dia.

Disinggung soal sosok calon tersangka, Lutfi enggan berbicara banyak. Dia hanya menegaskan bilamana pemerintah akan memerangi mafia-mafia tersebut.

“Saya akan memerangi mafia-mafia tersebut dan memastikan mereka masuk penjara,” tukasnya.

Sebelumnya Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi menduga ada pihak yang ingin mengambil keuntungan dari persoalan minyak goreng. Sebab menurut dia seharusnya distribusi minyak goreng di setiap provinsi cukup bagi masyarakat

Lutfi menegaskan pihaknya tidak akan menyerah melawan mafia-mafia pangan yang ada di Indonesia. Hal ini menyusul belakangan ini kelangkaan minyak goreng di Tanah Air.

“Saya ingin menekankan bahwa tidak ada saya menyerah kepada mafia-mafia, terutama mafia pangan, tidak ada yang saya utarakan itu,” kata Lutfi dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/3/2022).
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X