Anies Resmikan Jembatan Konsep Kapal Phinisi, Abang Starling Boleh Lewat!

- Jumat, 11 Maret 2022 | 09:03 WIB
Anies Baswedan (Dok. Pemprov DKI)
Anies Baswedan (Dok. Pemprov DKI)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan jembatan penyebarangan orang (JPO) Phinisi, yang juga berfungsi sebagai jembatan penyebrangan sepeda (JPS) di kawasan Karet, Sudirman, Jakarta Pusat

Anies menyebutkan, JPO dan JPS Phinisi tersebut melalui proses revitalisasi jembatan melewati berbagai tahap, yakni tahap perancangan sejak 2019, lalu proses eksekusi pada April hingga Desember 2021, dan peresmian pada hari ini.  

"Jembatan ini dirancang untuk bisa memfasilitasi masyarakat, termasuk pesepeda yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman untuk bisa menyeberang," ucap Anies, Kamis (10/3/2022). 

"Dengan adanya jembatan penyeberangan ini, mereka yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi bisa punya akses di tengah untuk berpindah dari sisi Barat ke Timur atau sisi Timur ke Barat," tambahnya. 

BACA JUGA: Anies Ajukan Banding Keruk Kali Mampang, Wagub DKI: Supaya Hakim Lebih Bijak

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan JPO tersebut bisa digunakan oleh pengendara sepeda apapun, tak terkecuali bagi yang sedang mencari penghasilan dengan sepeda. 

"Siapa saja, baik yang menggunakan sepesa untuk mencari penghasilan pendapatan, seperti berdagang ataupun yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi," terang Anies. 

Oleh sebab itu, Anies menyebutkan tidak ada larangan bagi jenis sepeda yang digunakan. Yang terpenting bagi orang nomor satu di Jakarta ini, JPO tersebut digunakan untuk menyeberang. 

"Tidak ada pembatasan jenis sepedanya ataupun profesi yang boleh menggunakannya," tandasnya. 

JPO ini dilengkapi dengan fasilitas lift yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat disabilitas, lansia, ibu hamil dan sepeda. Fasilitas lainnya adalah sensor beban, CCTV, Anjungan Pandang, serta Lampu Dekoratif dan Artistik (RGB Futuristik).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X