Survei Capres 2024: Elektabilitas Anies Baswedan Tertinggi Kalahkan Jokowi hingga Prabowo

- Rabu, 9 Februari 2022 | 18:12 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Lembaga survei politik Populi Center merilis hasil jajak pendapat terkait elektabilitas kandidat kuat calon presiden (Capres) 2024 mendatang. Salah satunya ada nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Dalam hasil survei tersebut, elektabilitas Anies terus meroket pada Pilpres 2024. Orang nomor satu di Jakarta tersebut memiliki elektabilitas sebanyak 29 persen. 

Hasil itu didapatkan berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 600 responden yang tinggal Jakarta. Responden dipilih secara acak bertingkat, mulai dari pengacakan untuk kelurahan, RT, keluarga, hingga akhirnya mendapatkan responden terpilih.

"Dalam pertanyaan terbuka mengenai pemilihan Presiden, masyarakat DKI Jakarta paling banyak memilih Anies Baswedan apabila pemilihan presiden diadakan hari ini," ujar Rafif dalam keterangan tertulis, Rabu (9/2/2022). 

Baca juga: Phil Jones Kembali Masuk Skuad Liga Champions MU, Terakhir Tampil 3 Tahun Lalu

Angka elektabilitas Anies tersebut pun tertinggi jika dibandingkan tokoh-tokoh lainnya, yakni di antaranya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berada di posisi kedua dengan elektabilitas 20,3 persen. 

Selain itu, diurutan selanjutnya ada pula nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang hanya memiliki elektabilitas 11,7 persen. Kemudian, Ganjar Pranowo 5,8 persen, Sandiaga Uno 2,5 persen, dan Ridwan Kamil 1,7 persen. 

Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan aplikasi Survei Populi Center di 60 kelurahan di ibu kota pada periode 26 Januari hingga 1 Februari 2022. 

Tingkat kepercayaan (significant level) survei ini mencapai 95 persen dengan margin of error sebesar 4 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X