The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ribut Laptop Pelajar Rp10 Juta, Fadli Zon: Jangan Keterlaluan Cari Untung, Itu Rp4-5 Juta!
Fadli Zon menatap layar laptop. (Instagram)
News

Ribut Laptop Pelajar Rp10 Juta, Fadli Zon: Jangan Keterlaluan Cari Untung, Itu Rp4-5 Juta!

Sabtu, 31 Juli 2021 16:01 WIB 31 Juli 2021, 16:01 WIB

INDOZONE.ID - Anggota DPR RI Fadli Zon mengomentari sinis rencana pengadaan 240.000 unit laptop untuk pelajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun anggaran 2021.

Dengan anggaran Rp2,4 triliun, secara kasar itu berarti satu laptop berharga Rp10 juta.

Menurut Fadli, harga laptop Rp10 juta itu terlalu mahal jika dilihat dari spesifikasi laptop yang akan dibagikan, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Mendikbud Nomor 5 Tahun 2021 tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Reguler Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2021.

Menurut Fadli, jika dilihat dari spesifikasi yang dijelaskan, laptop seperti itu seharusnya hanya berharga Rp4 sampai 5 juta.

"Laptop pelajar 10 jt itu kemahalan. Jgn keterlaluan cari untung di tengah kesulitan pandemi covid ini. Sy tanya org langganan beli komputer, taksirannya dg spesifikasi itu paling harganya Rp.4-5 jt, sekitar Rp. 4 jt. Kalau sebelum pandemi harganya 3 jt," kata Fadli di Twitter pada Sabtu (31/7/2021).

Adapun spesifikasi laptop Kemendikbud adalah sebagai berikut: 
- Tipe prosesor core: 2, 
- frekuensi: > 1,1 GHz, 
- Cache: 1 M Memori standar terpasang: 4 GB 
- DDR4 Hard drive: 32 GB 
- USB port: dilengkapi dengan USB 3.0 Networking: WLAN adapter (IEEE 802.11ac/b/g/n) 
- Tipe grafis: High Definition (HD) integrated Audio: integrated Monitor :11 inch 
- LED Daya/power: maksimum 50 watt Operating system: chrome OS - Device management: ready to activated chrome education upgrade (harus diaktivasi setelah penyedia ditetapkan menjadi pemenang). 
- Masa Garansi: 1 tahun

Pengadaan laptop bagi pelajar ini sebelumnya juga dikritik oleh Mardigu Wowiek 'Bossman'.

"Khaaaan, sudah di ingetin pasti 10 juta harganya tapi spek nya koplak. Boss bagi2 dong lebihannya," tulisnya di Instagram.

Adapun perusahaan yang akan memasok laptop untuk pelajar adalah PT Zyrexindo Mandiri Buana, PT Tera Data Indonusa, dan PT Supertone, PT Evercoss Technology Indonesia, PT Bangga Teknologi Indonesia, dan PT Acer Manufacturing Indonesia.

Selain laptop, pemerintah juga akan mengadakan alat-alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan total anggaran mencapai Rp17,42 triliun hingga 2024, di antaranya berupa access point, konektor, layar proyektor, dan speaker aktif, serta internet router.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US