PPKM Level 4 Diperpanjang, DPR Minta Pemerintah Gencarkan Tracing, Testing dan Vaksinasi

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 11:38 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (dok tim puan maharani)
Ketua DPR RI Puan Maharani (dok tim puan maharani)

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di sejumlah daerah hingga 9 Agustus 2021, harus menjadi kesempatan pemerintah untuk benar-benar mengukur efektivitas upaya penanganan pandemi Covid-19.

Seperti halnya memastikan testing, tracing, isolasi dan vaksinasi terus digencarkan. Terpenting dia meminta pemerintah untuk tetap waspada meskipun seperti yang disampaikan sudah mengalami penurunan.

“Di masa perpanjangan PPKM ini, pemerintah harus memastikan testing, tracing, isolasi dan juga vaksinasi digencarkan, sembari kita semua tetap harus waspada, dengan selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan,”  kata Puan di Jakarta, Selasa (3/8/2021).

Puan mengatakan, kewaspadaan, upaya pencegahan dan penularan Covid-19, serta disiplin prokes adalah satu paket yang tak bisa dipisahkan satu sama lain untuk Indonesia segera keluar dari situasi pandemi.

“Jangan lengah karena melihat angka-angka kasus yang mulai melandai,” tegas Puan.

Perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR ini pun meminta vaksinasi benar-benar dikawal dan dipercepat penyelesaian targetnya. Terlebih lagi, saat ini belum ada obat yang benar-benar bisa mengobati penyakit ini.

“Yang bisa kita lakukan adalah mencegah penularan, mengurangi keparahan saat terpapar, dan mencegah kematian. Vaksin adalah perlindungan terbaik kita untuk saat ini. Negara harus hadir dengan memastikan ini segera terlaksana sesuai target,” ungkap Puan.

Karena itu, Puan meminta pemerintah menjamin ketersediaan vaksin, mempercepat vaksinasi ke seluruh wilayah Indonesia, sembari tidak kendor melakukan pemeriksaan, pelacakan dan perawatan/isolasi terhadap setiap temuan kasus baru Covid-19.

Mantan Menko PMK ini pun meminta pemerintah terus menjaga dan meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia. Fokus pemerintah diminta tak lagi tertuju ke Pulau Jawa dan Bali saja.

“Jangan sampai lonjakan kasus yang pernah terjadi di Jawa dan Bali terjadi di luar Pulau Jawa dan Bali yang fasilitas dan layanan kesehatannya lebih terbatas,” terang Politisi PDIP ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X