Cegah Adanya Mafia, Bareskrim Terjun Langsung ke Lokasi Karantina

- Jumat, 4 Februari 2022 | 13:41 WIB
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo. (Dok Divisi Humas Polri)
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo. (Dok Divisi Humas Polri)

Jajaran Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri melakukan penyelidikan langsung di lokasi karantina. Lokasi karantina ini dikhususkan untuk para WNA dan WNI yang menjadi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebut pihaknya terjun langsung ke lokasi karantina PPLN untuk memastikan tidak adanya mafia karantina.

"Tim Dittipideksus Bareskrim Polri melakukan penyelidikan di lokasi hotel repatriasi total 12 hotel dengan hasil keseluruhan 300 WNI dan 417 WNA," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jakarta, Jumat (4/2/2022).

Selain peninjauan langsung, Bareskrim Polri juga sudah berkoordinasi ke pihak Bandara Soekarno Hatta terkait data manifest. Hal ini juga bertujuan untuk memastikan PPLN untuk melakukan proses karantina.

"Melakukan tracing melalui checkpost subyek yang melaksanakan karantina," beber Dedi.

Lebih jauh jenderal polisi bintang dua ini menegaskan pihaknya akan melakukan penindakan hukum jika ditemukan adanya tindakan mafia karantina. Hal tersebut sesuai dengan perintah dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Prinsipnya sesuai perintah Kapolri akan menindak tegas siapa saja yang terbukti melakukan pelanggaran hukum pada proses kekarantinaan dari hulu sampai hilir sebagaimana diatur dalam SE Satgas Covid-19 nomor 4 tahun 2022 tentang protokol kesehatan perjalanan luar negeri pada masa pandemi corona virus," pungkas Dedi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X