Kompak! Erdogan dan Putin Sepakat Perkuat Koordinasi Masalah Afghanistan

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 09:34 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan. (REUTERS/Sputnik Alexei/Druzhinin Kremlin)
Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan. (REUTERS/Sputnik Alexei/Druzhinin Kremlin)

Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin saling berbincang melalui telepon untuk membahas situasi di Afghanistan. Keduanya sepakat untuk memperkuat koordinasi bilateral mengenai masalah di negara tersebut pasca Taliban berkuasa.

Hal itu disampaikan Kremlin dalam pernyataan pada Sabtu (21/8/2021), mengutip laporan Reuters. Baik Putin maupun Erdogan menekankan prioritasnya adalah upaya kontra-terorisme dan memerangi perdagangan narkoba, demikian disampaikan Kremlin.

Erdogan menyuarakan harapan untuk transisi yang lancar di Afghanistan dan menekankan pentingnya bagi Taliban untuk tidak mengulangi kesalahan sebelumnya dan menepati janji mereka dengan suatu pendekatan etnis yang inklusif.

"Pemerintah baru yang akan dibentuk di Afghanistan harus inklusif dan mewakili keragaman rakyat Afghanistan," kata Erdogan kepada Putin menurut pernyataan yang dikeluarkan setelah panggilan telepon antara kedua presiden tersebut.

Baca Juga: Jadi Negara Awal Mula Covid-19, Kini Beredar Ribuan Kartu Vaksin Covid-19 Palsu dari China

Pada Rabu (18/8), Erdogan mengatakan Turki masih berniat untuk menjaga keamanan di bandara Kabul setelah para pejuang Taliban menguasai ibukota Afghanistan.

Militan Taliban menguasai Kabul pada akhir pekan lalu, dan hal itu telah membuat ribuan warga sipil dan sekutu militer Afghanistan melarikan diri ke tempat yang aman.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X