Penampakan Calon Kolam Renang Terdalam di Dunia Buatan Inggris

- Selasa, 8 Juni 2021 | 13:37 WIB
Blue Abyss, kolam renang terdalam di dunia bakal dibuat (CNN).
Blue Abyss, kolam renang terdalam di dunia bakal dibuat (CNN).

Sebuah perusahaan asal Inggris akan membangun kolam terbesar dan terdalam di dunia dalam sebuah proyek baru yang didukung oleh astronot Inggris, Tim Peake. 

Kolam terdalam di dunia itu rencananya akan diberi nama Blue Abyss dan bakal dibangun di Cornwall, barat daya Inggris, diklaim perusahaan pembuatnya akan menampung 42 juta liter air atau setara dengan 17 kolam renang standard Olimpiade atau 168 juta cangkir teh.

Dilansir dari CNN, kolam tersebut akan memiliki kedalaman 164 kaki atau setara 50 meter panjang 14 kaki, dan lebar 131 kaki atau setara 40 meter.  Namun sayangnya para perenang yang ingin menguji kolam tersebut sepertinya bakal kecewa karena Blu Abyss dirancang untuk mensimulasikan "lingkungan ekstrem."

Baca Juga: Mengenaskan, Kakak Adik Tewas Tenggelam saat Berenang di Kolam Renang, Keluarga Histeris

Jadi nantinya Blue Abys akan disiapkan untuk menguji teknologi bawah air terbaru, termasuk robotika bawah laut dan kapal selam mini. Kolam renang juga akan digunakan untuk membantu melatih astronot dan penyelam laut dalam, dengan ruang hipobarik dan hiperbarik serta suite gayaberat mikro di lokasi.

John Vickers, kepala eksekutif Blue Abyss, mengatakan dalam sebuah pernyataan kolam itu akan menjadi "aset penelitian besar untuk kedirgantaraan, energi lepas pantai, robotika bawah air, fisiologi manusia, pertahanan, rekreasi dan industri kelautan, dan pusat pendidikan yang fantastis untuk anak-anak dan mahasiwa"

Tim Peake, yang merupakan astronot Inggris pertama yang naik ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 2015 dan menghabiskan enam bulan di luar angkasa mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia "bangga" menjadi bagian dari perkembangan Blue Abyss dan menyatakan bahwa kolam terebut akan"memperluas pengetahuan kita tentang bagaimana manusia dan teknologi dapat berfungsi di lingkungan yang ekstrem, untuk kepentingan manusia dan planet ini."

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X