China Ancam Indonesia Gegara Bor Minyak dan Latihan Tempur, Begini Reaksi Kemlu

- Kamis, 2 Desember 2021 | 11:47 WIB
Unsplash/Bisma Mahendra
Unsplash/Bisma Mahendra

Pemerintah China dikabarkan pernah melayangkan protes kepada Indonesia karena melakukan pengeboran minyak dan gas alam di perairan Natuna. China juga memprotes latihan tempur Indonesia bersama militer Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan, pihaknya tak mengetahui ihwal protes yang dilayangkan China pada Indonesia.

"Saya tidak tahu sumber beritanya dari mana," kata Teuku saat dikonfirmasi Indozone, Kamis (2/12/2021).

Menurut Teuku, sejatinya komunikasi diplomatik antar negara bersifat internal atau tertutup. Karena itu, dia belum bisa memastikan kebeneran kabar tersebut.

"Sementara itu komunikasi diplomatik antara negara bersifat tertutup," ucapnya.

Kabar soal protes yang dilakukan China pada Indonesia, disampaikan anggota Komisi I DPR RI, Muhammad Farhan. Menurutnya, China pernah melayangkan nota protes pada pemerintah Indonesia karena melakukan pengeboran minyak dan gas alam di Laut Natuna. Hal yang sama dilakukan China karena latihan tempur bertajuk "Garuda Shield" yang dilakukan TNI AD bersama militer Amerika Serikat (AS) pada Agustus 2021 lalu.

Menurut Farhan, protes diplomatik China disampaikan pada Kementerian Luar Negeri. Pihak Beijing mendorong agenda nine-dash line atau garis putus-putus berbentuk huruf "U" di Laut China Selatan, yang diklaim China sebagai wilayah mereka.

Klaim tersebut telah diputus tak memiliki dasar hukum oleh Pengadilan Arbitrase Permanen di Den Haag, Belanda, pada 2016.

"Surat itu sedikit mengancam," kata Farhan dikutip dari Reuters, Rabu (1/12/2021).

"Jawaban kami sangat tegas. Kami tidak akan menghentikan pengeboran karena itu adalah hak kedaulatan kami," kata Farhan melanjutkan.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X