Alexander Yudin, Pria Tua Berkursi Roda Ciptakan 'Elevator' dengan Tenaga Surya

- Minggu, 5 Desember 2021 | 18:33 WIB
Alexander Yudin. (Photo/Reuters)
Alexander Yudin. (Photo/Reuters)

Seorang pria Rusia bernama Alexander Yudin mencuri perhatian publik setelah dirinya menciptakan karya, meski dengan keterbatasan.

Pria tua yang berusia 69 tahun itu berasal dari Timashevsk, sebuah kota kecil di Rusia selatan. Ia membangun elevator mandiri yang mengangkutnya ke dan dari apartemennya di lantai tiga.

Ciptakan Elevator

-
(Photo/Reuters)

 

Yudin berhasil merancang dan membangun elevator itu sendiri tiga tahun lalu setelah kehilangan satu kaki dalam kecelakaan mobil yang serius.

Dilansir dari Inside Edition, rekaman video memperlihatkan ia yang paham teknologi mengoperasikan elevator dengan keterbatasan. Namun, elevator itu bertenaga surya.

"Saya berbohong dengan gips dan berpikir bagaimana menghindari melumpuhkan diri saya sendiri, bagaimana mengeluarkan diri dari situasi ini," ungkapnya.

Alasan Membangun Elevator

-
(Photo/Reuters)

 

Apa yang memaksa tangan Yudin untuk membuat elevator itu adalah kenyataan bahwa bangunannya tidak menawarkan pilihan bagi penduduk cacat seperti dia dan tangganya terlalu sempit untuk menampung lebar kursi rodanya.

Elevator tersebut menggunakan harness untuk mengangkat dirinya dari tanah dan ke balkonnya. Yang dia butuhkan hanyalah mengikat beberapa karabiner ke sasis logam kursinya.

Ketika dia mencapai puncak, dia hanya perlu membuka gerbang, melepas klip, dan masuk. Sebagai seorang yang ahli listrik, Yudin juga memasang panel surya untuk menyalakan elevator. Jadi dia tidak akan terjebak di dalam atau di luar rumahnya jika kotanya mengalami pemadaman listrik. 

Baca juga: 3 Pemeran Musuh Spiderman Kumpul Bareng, Gibahin Tampilan Baru di 'No Way Home'

Butuh Waktu Lama

-
(Photo/Reuters)

 

Yudin membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk membuat alat itu, yang ia buat setelah menjadi semakin tidak bergerak. Dia kehilangan satu kaki dalam kecelakaan mobil di tahun 90-an, tetapi kemudian tiga tahun lalu dia mematahkan kakinya yang lain karena jatuh dan tidak bisa berjalan.

"Saya berbaring dengan gips dan berpikir bagaimana menghindari melumpuhkan diri sendiri, bagaimana mengeluarkan diri dari situasi ini," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X