Duh! Pria Ini Pegang Hewan Laut di Pantai, Rupanya Siput Naga Biru yang Terkenal Berbahaya

- Senin, 13 Desember 2021 | 16:11 WIB
Siput Naga Biru. (TikTok/julianobayd)
Siput Naga Biru. (TikTok/julianobayd)

Baru-baru ini, netizen di TikTok membagikan momen saat ia tengah memegang siput laut Naga Biru yang terkenal dengan racunnya yang berbahaya.

Momen tersebut diunggah oleh netizen dengan akun TikTok julianobayd. Dalam video berdurasi 11 detik itu, memperlihatkan dirinya saat memegang salah satu hewan laut di Stradbroke Island, Queensland, tidak jauh dari Brisbane.

Namun karena tidak mengetahui namanya, ia lantas menanyakan hal tersebut kepada para pengikutnya.

"Ada yang tahu ini apa,?" kata Julian dalam unggahannya, dikutip Senin (13/12).

Sontak, unggahannya itu ramai ditonton oleh netizen. Banyak di antaranya yang mengetahui jenis hewan tersebut dan meninggalkan jawaban di kolom komentar.

"Itu Naga Biru, jangan disentuh," kata Joe Biden.

"Secara hukum laut biasanya semakin cantik maka semakin berbahaya," kata tanda tanya.

"Namanya siput laut biru atau siput samudera biru. Jenis siput ini dapat menyerap racun dari hewan lain untuk dijadikan senjata pertahanan dirinya," kata Kei.

Yap. Glaucus atlanticus adalah siput laut dengan ukuran tubuh sekitar 3 milimeter. Meski memiliki warna yang sangat menawan, namun jangan lengah karena ternyata hewan tersebut sangat berbahaya, terlebih saat seseorang terkena sengatannya.

Siput laut dengan berbagai nama tersebut sehari-harinya memakan ubur-ubur. Biasanya, ia dapat dengan mudah ditemukan di perairan hangat, seperti di Australia, Afrika Selatan, serta Eropa.

Meski memiliki sengatan yang menyakitkan, namun Direktur National Marine Science Center di Southern Cross University di Australia, Steve Smith mengatakan, siput laut tersebut tak selalu mengeluarkan sengatan.

"Mereka sering tidak nampak karena ukurannya sangat kecil. Tapi, kalau sering ke pantai, pasti sering juga bertemu mereka. Saya pernah memegang mereka beberapa kali dan saya tidak pernah disengat. Mereka memang memiliki racun yang berbahaya, tapi bukan berarti akan menggunakannya setiap saat," ujarnya.

Artikel menarik lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X