BIN Antisipasi Ancaman Teror Sebagaimana Peringatan Pemerintah Jepang

- Jumat, 17 September 2021 | 09:58 WIB
Area perkantorran Badan Intelijen Negara (BIN). (Wikipedia).
Area perkantorran Badan Intelijen Negara (BIN). (Wikipedia).

Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto mengatakan, pihaknya terus melakukan langkah antisipatif terhadap potensi ancaman aski terorisme di wilayah Indonesia.

Adapun antisipasi tersebut dilakukan setelah Pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan kepada warganya agar waspada akan ancaman serangan teror di Indonesia beserta lima negara Asia Tenggara lainnya.

“BIN melakukan langkah antisipatif terhadap potensi ancaman aksi terorisme di wilayah Indonesia dengan terus mengoptimalkan deteksi dini dan cegah dini, serta mengembangkan partisipasi masyarakat melalui sistem lapor cepat,” kata Wawan kepada Indozone, Jumat (17/9/2021).

Ditekankan Wawan, BIN juga bersinergi dengan aparat keamanan lainnya seperti Polri, TNI, dan BNPT guna mencegah potensi ancaman terorisme.

Wawan berujar adanya peringatan dari Pemerintah Jepang terkait potensi ancaman teror di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara merupakan hal yang wajar dilakukan oleh negara lain sebagai upaya untuk melindungi warga negaranya.

Baca Juga: Kata Jokowi Soal Aksi Kritik: Saya Tidak Antikritik, Sudah Biasa Dihina

“Masyarakat diharapkan dapat menyikapi informasi tersebut secara bijak. Masyarakat tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebihan, namun tetap perlu untuk membangun kewaspadaan,” tutur dia.

Di sisi lain menurut Wawan aparat keamanan terus siaga dalam upaya melindungi warga negaranya ataupun warga negara asing.

“Aparat keamanan terus siaga dalam upaya melindungi warganya maupun warga negara asing di Indonesia, sebagaimana warga negara kita juga dilindungi aparat keamanan di negara tersebut. Semua bekerjasama dan bersinergi secara berkelanjutan,” tutup Wawan.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X