Pertama Kali dalam 4 Tahun Amerika Serikat Bergabung dengan KTT ASEAN

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 09:26 WIB
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. (REUTERS/Jonathan Ernst)
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. (REUTERS/Jonathan Ernst)

Presiden AS Joe Biden ikut serta dalam pertemuan puncak virtual dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada hari Selasa (26/10/2021). Ini untuk pertama kalinya dalam empat tahun Washington terlibat.

Dilansir Reuters, kedutaan besar AS di Brunei mengatakan Biden akan memimpin delegasi AS untuk KTT ASEAN-Amerika Serikat, bagian dari serangkaian pertemuan para pemimpin ASEAN.

Gedung Putih mengatakan Biden akan membahas komitmen AS terhadap peran sentral ASEAN dalam urusan regional dan inisiatif baru untuk memperkuat kemitraan strategis AS dengan blok tersebut.

Baca juga: Joe Biden dan Xi Jinping Akan Mengadakan Pertemuan Virtual Sebelum Akhir Tahun

Analis mengatakan pertemuan Biden dengan blok 10 negara mencerminkan upaya pemerintahannya untuk melibatkan sekutu dan mitra dalam upaya kolektif untuk melawan China.

Namun, pejabat AS belum menyebutkan secara spesifik tentang China menjelang pertemuan karena mereka bekerja untuk mengatur pertemuan puncak virtual antara Biden dan pemimpin China Xi Jinping akhir tahun ini.

Para pejabat berharap Biden fokus pada kolaborasi pada distribusi vaksin Covid-19, iklim, rantai pasokan, dan infrastruktur.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X