Anggota Komisi III DPR Ingin Warna Seragam Satpam yang Mirip Polisi Tetap Dipertahankan

- Jumat, 14 Januari 2022 | 10:54 WIB
Seragam satpam dinilai mirip kepolisian. (Dok Humas Polri)
Seragam satpam dinilai mirip kepolisian. (Dok Humas Polri)

Polri akan mengubah seragam Satuan Pengaman (Satpam) dari cokelat ke krem lantaran dianggap mirip dengan seragam anggota Polri. Lantas bagaimana Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menanggapi perubahan warna seragam Satpam ini?

Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman meminta agar warna seragam Satpam yang mirip dengan Polri untuk tetap dipertahankan. Sehingga menurut dia alangkah baiknya Polri dapat mengkaji terlebih dahulu sebelum merubahnya lagi.

"Jadi sebetulnya menurut saya bagus sekali seragam Satpam yang saat ini," kata Habiburokhman kepada wartawan dikutip Jumat (14/1/2022).

Karenanya dalam kesempatan rapat kerja antara Komisi III DPR  bersama dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dirinya akan meminta warna seragam Satpam saat ini untuk bisa dipertahankan.

"Saya dalam rapat kerja minggu depan dengan Kapolri saya akan minta seragam Satpam saat ini bisa dipertahankan," tegasnya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini berujar warna seragam Satpam yang mirip dengan anggota Polri akan memberikan efek psikologis masyarakat taat kepada hukum. Malah dirinya mendapat laporan jika Satpam yang seragamnya seperti Polisi ini justru lebih memberikan rasa aman.

"Contoh, jangankan seragam Satpam kita bikin mirip polisi, itu polisi di mana-mana bikin patung, patung mobil, patung polisi supaya orang berhati-hati ya kan. Banyak kan kalau Anda lihat ke luar kota di pinggir-pinggir jalan patung polisi. Jadi yang dari batu saja kita bikin mirip polisi, kenapa enggak. Di komplek-komplek perumahan ketika satpamnya berpakaian seperti polisi lebih aman, lebih aman," jelasnya.

Selain itu Habiburokhman menyatakan dirinya belum mendapatkan aduan dari masyarakat perihal abuse of power yang dilakukan oleh Satpam yang seragamnya mirip dengan anggota Polri.

"Kan saya juga tidak mendapatkan informasi adanya abuse of power seragam Satpam itu. Enggak ada Satpam meras-meras, Satpam nilang-nilang, itu kan enggak ada. Jadi sudah bagus ini, justru harus dipertahankan bahkan dibikin lebih mirip lagi kalau perlu. Ada tanda pengenalnya, kasih pangkatnya, komandan satpam atau apa, kan masyarakat makin cerdas," tandasnya.

Sebelumnya warna dalam seragam satpam nantinya bakal berubah lagi lantaran warna sebelumnya sangat mirip dengan warna seragam polisi. Hal ini tentunya cukup membuat bingung masyarakat saat membedakan satpam dengan polisi.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. Ramadhan menyebut masyarakat bingung lantaran ada kesamaan warna seragam antara satpam dengan polisi.

"Seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam," kata Brigjen Ramadhan kepada wartawan, Kamis (13/1/2022).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X