Ini Wanita Pertama Pimpin Divisi Infanteri Di AS

- Jumat, 14 Juni 2019 | 11:28 WIB
United State of America Department of Defense
United State of America Department of Defense

Untuk kali pertama dalam sejarah, Angkatan Darat Militer Amerika Serikat, US Army, mengangkat seorang perwira tinggi wanita, untuk menduduki jabatan Komandan Divisi Infanteri. Dia adalah Brigadier General Laura Yeager. 

Mengawali karir militernya pada tahun 1986, Yeager banyak menghabiskan karirnya sebagai pilot helikopter tempur dan pernah diterjunkan dalam perang Irak. Halikopter yang diterbangkan? UH-60 Black Hawk yang legendaris sebagai helikopter termpur andalan militer Amerika Serikat.

Dengan jam terbang lebih dari 1.500 jam, Yeager pun kenyang pengalaman penugasan. Sejumlah penghargaan diterimanya, seperti Legion of Merit, Bronze Star hingga Meritorius Service Medal. 

Pernah menjadi Komandan California national Guard's 40th Combat Aviation Brigade, Yeager kini masih menjabat sebagai Komandan Joint Task Force North, US Northern Command yang berbasis di Fort Bliss, Texas.

Yeager akan secara resmi menjabat sebagai Komandan Divisi Infanteri pada 29 Juni mendatang, dimana digelar serah terima jabatan Komandan 40th Infantry Division dari Major General Mark Malanka. Pangkat Yeager pun akan naik menjadi Major General (bintang dua).

Untuk diketahui, sejak didirikan kali pertama pada September 1917, 40th Infantry Division banyak berkiprah dalam berbagai medan perang yang melibatkan Amerika Serikat, mulai dari Perang Dunia I, Perang Dunia II, Perang Korea, Kosovo, Afghanistan hingga Irak.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X