Mike Pompeo Kunjungi Asia, Sampaikan Komitmen AS untuk Kemitraan Jangka Panjang dan Makmur

- Jumat, 23 Oktober 2020 | 19:05 WIB
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo. (Photo/REUTERS/Kevin Lamarque)
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo. (Photo/REUTERS/Kevin Lamarque)

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo pada pekan depan akan melakukan kunjungan ke empat negara di Asia, termasuk salah satunya Indonesia. Dalam kunjungan tersebut, ia akan memastikan untuk terus menjalin kerja sama dan menekankan komitmen AS bagi kawasan Indo-Pasifik.

Dalam lawatannya ke Asia, Menlu Pompeo akan berkunjung ke India, Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia pada 25-30 Oktober. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam keterangan tertulis yang dilansir di laman resmi Departemen Luar Negeri AS, Jumat (23/10/2020).

"Senang berada di sini untuk berbicara tentang kunjungan mendatang Menlu Pompeo ke India, Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia. Kami berharap dapat memperkuat hubungan dengan teman dan mitra kami, menekankan komitmen kami yang mendalam terhadap Indo-Pasifik dan memajukan visi kami untuk kemitraan jangka panjang dan kemakmuran di kawasan ini," kata Dean Thompson, dilansir dari laman Deplu AS, Jumat (23/10/2020).

Di samping itu, Thompson yang merupakan Wakil Utama Asisten Menlu AS menyebutkan bahwa Menlu Pompeo akan berangkat pada Minggu (25/10/2020) dan akan tiba di New Delhi, India, pada Senin (26/10/2020).

"Melihat hubungan kami dengan India, kecepatan dan ruang lingkup kerja sama kami dengan India terus meningkat. Memang, kami memiliki peluang luar biasa untuk memperkuat hubungan AS-India, yang sangat penting bagi keamanan dan stabilitas baik di kawasan maupun di dunia," ujar dia.

Menurutnya, Pompeo akan bersama dengan Menteri Pertahanan AS Mark Esper akan bertemu dengan Perdana Menteri India Narendra Modi untuk membahas upaya-upaya memajukan Kemitraan Strategis Global Komprehensif AS-India.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X