Kapolda Metro Jaya Sebut Anarko Sudah Tak Tonjolkan Identitas Saat Beraksi

- Selasa, 27 Oktober 2020 | 16:32 WIB
Konferensi pers pengembangan kasus pengajak perusuh demo Jakarta di Polda Metro Jaya. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Konferensi pers pengembangan kasus pengajak perusuh demo Jakarta di Polda Metro Jaya. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana menyebut kelompok-kelompok perusuh dari anarko sudah tidak lagi menunjukkan identitas mereka saat melakukan aksi kerusuhan. Hal itu lantaran identitas yang kerap mereka gunakan sudah dengan mudah teridentifikasi oleh pihak kepolisian.

"Soal ciri-ciri kelompok anarko ini kan dari kata anarkis, mereka mau kebebasan dan menginginkan adanya kekerasan, mereka anti kemapanan," kata Irjen Nana dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Irjen Nana mengatakan para anarko yang sempat diamankan sebelum-sebelumnya memiliki simbol tersendiri saat melakukan aksi kerusuhan. Simbol itu yakni pakaian mereka yang identik dengan warna serba gelap.

"Dulu saat sebelum mereka kita tangkap, mereka punya simbol lambangnya A dilingkari. Mereka selalu menggunakan seragam hitam-hitam," ungkap Nana.

Lebih jauh Irjen Nana mengatakan setelah para anarko mengetahui jika kelompok mereka sudah banyak yang diamankan oleh pihak kepolisian, mereka lebih menghindari penggunaan identitas tersebut. Pasca hal itulah setiap aksi kerusuhan yang dilakukan kelompok anarko mereka sudah tidak menonjolkan identitas mereka sebagai kelompok anarko.

"Setelah mereka mengetahui mereka berupaya menghilangkan identitas tersebut. Mereka melakukan kegiatanya sudah tidak meggunakan lambang-lambang atau seragam yang ada tetapi mereka lebih mengarah ke medsos," kata Nana.

Meski begitu Nana menegaskan pihaknya masih memburu para anarko-anarko itu. Pihaknya juga mengantisipasi gerakan anarko di lini masa.

"Dari data-data yang ada pergerakan mereka kita ketahui dan terus kita lakukan upaya-upaya pencegahan," pungkas Nana.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X