The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Rebutan Wilayah Perbatasan, China-India Perang, Foto Satelit Ini Jadi Bukti Terbaru
Tentara China dan tentara India bersitegang dalam perebutan wilayah perbatasan Naku La, di Sikkim, dekat Himalaya. (Foto: Istimewa)
News

Rebutan Wilayah Perbatasan, China-India Perang, Foto Satelit Ini Jadi Bukti Terbaru

Sabtu, 30 Mei 2020 09:34 WIB 30 Mei 2020, 09:34 WIB

INDOZONE.ID - Hubungan antara China dan India semakin memanas. Setelah tentara dari kedua negara tersebut saling baku hantam di wilayah perbatasan pada awal Mei lalu, kini perang besar dikabarkan akan benar-benar terjadi.

Presiden China, Xi Jinping, dikabarkan melontarkan peringatan keras kepada India untuk tidak melawan negaranya. Seperti diketahui, dalam 20 hari terakhir terjadi ketegangan di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC) antara China dan India.

Teranyar, beredar foto tangkapan satelit, yang mengungkapkan bahwa China telah mengerahkan 5.000 pasukan bersenjata di wilayah yang disengketakan oleh kedua negara. Jika benar terjadi, perang antara dua negara ini disebut-sebut bisa memicu perang global.

Merespons China, India lantas juga menyiapsiagakan pasukannya di wilayan yang sama. Media corong pemerintah China menyebut bahwa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) juga mengerahkan drone helikopter untuk memantau pergerakan India di sepanjang perbatasan yang disengketakan.

Ist
Foto satelit di wilayah perbatasan China-India yang kini tengah diperebutkan. (Foto: Istimewa)

Adapun wilayah tersebut memang sudah sejak lama diperebutkan antara kedua negara tersebut, yakni sejak 1962. Namun, selama 40 tahun terakhir tidak pernah terjadi baku tembak, hingga akhirnya apa yang dikhawatirkan itu terjadi juga pada 5 Mei lalu.

Menurut keterangan pejabat militer di dekat sektor Naku La, Negara Bagian Sikkim, India, di dekat perbatasan China, sedikitnya ada tujuh tentara China dan empat pasukan India mengalami luka-luka dalam baku hantam tersebut. 

Pada 12 Mei, armada militer China melakukan serangan di dua tempat sekaligus, yakni di lembang Sungai Galwan dan sektor Danau Pangong. Selain itu, Tentara China juga terlibat konfrontasi dengan pasukan India di Demchok, Ladakh Selatan, dan Naku La, Sikkim Utara.

India dan China saling mengklaim wilayah perbatasan sepanjang 3.400 meter di Naku La di Sikkim di kawasan Himalaya.

Sebelum ketegangan ini terjadi, pada 2017 lalu tentara India dan China juga sempat bersitegang di wilayah tersebut, menyusul tindakan China yang mencoba memperluas jalan perbatasan di dataran tinggi yang diperebutkan.
 

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US