Brutal! Polisi New York Dorong Lansia Hingga Kepala Berdarah, Gubernur Malah Membantah

- Jumat, 5 Juni 2020 | 14:34 WIB
Pria tua didorong polisi hingga kepala berdarah (WBFO)
Pria tua didorong polisi hingga kepala berdarah (WBFO)

Hingga saat ini, berbagai kota di Amerika Serikat masih melakukan aksi demonstrasi menentang rasisme. Namun, aksi polisi di Buffalo, New York, berikut ini justru kembali mencoreng institusi kepolisian.

Pada Kamis (4/6/2020) waktu setempat, seorang pria lansia mendekati barisan petugas polisi. Bukannya mendapatkan perlakuan baik, petugas justu mendorongnya dengan tongkat, dan dilanjutkan didorong dengan tangan oleh petugas lain.

Akibatnya, pria ini terjatuh ke jalan dan darah terlihat mengalir dari belakang kepalanya. Video ini direkam oleh seorang reporter stasiun radio lokal, WBFO.

Melihat pria itu terkapar, seorang polisi ingin menghampiri namun dicegah oleh petugas polisi yang lain. Akhirnya, barisan polisi tersebut hanya berjalan melewati seorang pria tua dengan kepala berdarah.

Video ini kemudian viral dan menuai gelombang protes dari netizen. Walikota Buffalo, Byron Brown mengatakan begitu resah melihat video tersebut.

"Saya sangat terganggu dengan video itu. Setelah berhari-hari aksi demonstrasi damai dan beberapa pertemuan antara saya, kepemimpinan polisi dan anggota masyarakat, acara malam ini mengecewakan," kata Brown.

Komisaris Polisi Buffalo, Byron Lockwood juga telah menonton video tersebut. Dia memerintahkan penyelidikan dan akhirnya menskorsing tanpa gaji, kedua petugas yang terlibat.

Berdasarkan penjelasan Brown, pria berusia 75 tahun itu kini dirawat intensif di Rumah Sakit Pusat Medis, Erie, Buffalo.

Anehnya, Gubernur New York, Andrew Cuomo, malah membantah aksi kekerasan yang dilakukan oleh kepolisian terhadap warga sipil. Dia membantah meskipun ada video-video yang menunjukkan kekerasan tersebut.

Dalam sebuah konferensi pers, Cuomo menyebut bahwa tuduhan aksi kekerasan kepolisian New York adalah penyulut retorika, seperti dilansir dari Russia Today.

"Apakah anda pikir ada petugas polisi yang sadar bahwa pekerjaan mereka adalah hanya untuk menghantam pengunjuk rasa damai dengan tongkat? Itu bukan fakta, itu bahkan bukan pendapat, itu adalah serangan retorik hiper-partisan. NYPD tidak melakukan itu," tegas Cuomo, Kamis (4/6/2020).

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X