Aktivitas Car Free Day Kembali Dihentikan Pemprov DKI Jakarta

- Rabu, 24 Juni 2020 | 09:46 WIB
Warga berolah raga saat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. (INDOZONE/Arya Manggala).
Warga berolah raga saat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. (INDOZONE/Arya Manggala).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akhirnya meniadakan kembali aktivitas kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di sepanjang Sudirman-Thamrin Jakarta. 

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, membenarkan adanya informasi yang beredar terkait penutupan kembali kegiatan aktivitas CFD tersebut. 

"Benar, HBKB Sudirman-Thamrin ditiadakan," kata Syafrin di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Syafrin tidak menjelaskan secara rinci alasan ditutupnya kembali CFD di Jakarta. Namun diketahui, sebelumnya Pemprov DKI baru saja membuka aktivitas perdana CFD selama masa PSBB transisi pada hari Sabtu (20/6) dan Minggu lalu (21/6). 

Namun sayangnya aktivitas tersebut menuai kritik dan masukan dari berbagai pihak, salah satunya dari Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino, yang mengungkapkan bahwa peraturan saat CFD banyak tak dipatuhi masyakarat. 

Menurutnya, Pemprov DKI tidak tegas mengenai penegakan aturan terhadap warga yang melanggar di CFD. Termasuk pengamanan yang dilakukan sangat lemah. 

Wibi yang datang memantau aktivitas CFD secara langsung itu justru merasa khawatir jika CFD justru malah menjadi kluster penularan baru Covid-19.

Karena itu, ia meminta agar Pemprov DKI Jakarta segera melakukan evaluasi mengenai aktivitas tersebut. Bahkan, dia meminta agar Pemprov dapat secara tegas dan ketat mengawasi aktivitas yang melibatkan puluhan ribu orang itu.

"NasDem meminta Pemprov DKI segera melakukan evaluasi dan penyempurnaan dan pengetatan agar CFD berikutnya bisa aman dan sehat untuk warga DKI," kata Wibi di Jakarta.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X