Jumat Ini, Anies akan Evaluasi Data Corona untuk Tentukan Kelanjutan PSBB

- Rabu, 27 Mei 2020 | 11:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah evaluasi data corona. (Instagram/@dkijakarta).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah evaluasi data corona. (Instagram/@dkijakarta).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan pihaknya akan membahas dan melihat data terkait perkembangan virus corona (Covid-19) di wilayahnya. Dengan begitu, bisa diamati bagaimana kondisi DKI Jakarta saat pandemi Covid-19 tersebut.

"Hari Jumat (29/5), weekend ini, kita akan mereview semua data, nanti awal pekan depan apakah PSBB ini adalah penghabisan atau harus diperpanjang," kata Anies di KM 47 Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Selasa malam (26/5/2020).

Anies mengungkapkan, pada dasarnya, berakhirnya fase ketiga PSBB atau diperpanjang lagi, bukan keputusan  pihaknya dan para ahli epidemiologi. Namun sepenuhnya ada pada masyarakat atau warga secara umum yang bisa disiplin atau tidak dalam masa PSBB berjalan.

"Saya perlu menyampaikan yang menentukan diperpanjang atau tidak, bukan pemprov, bukan para ahli tetapi perilaku seluruh masyarakat. Bila perilaku seluruh masyarakat menahan diri, kemudian tingkat reproduksi virusnya turun di bawah 1, maka kita bisa mengakhiri tanggal 4, bisa tidak maka kita harus perpanjang," ungkapnya.

Dia menjelaskan, jika nanti PSBB diakhiri dan tidak diperpanjang, maka pihaknya akan menyiapkan protokol kesehatan yang harus diterapkan dan dijalankan setiap industri serta masyarakat. Bahkan, penggunaan masker tetap diwajibkan.

"Tetapi masker ini harus digunakan. Ini adalah salah satu alat paling efektif di dalam kita mencegah perluasan wabah (Covid-19)," tambahnya.

Selain itu, Gubernur DKI Jakarta ini pun menegaskan pihaknya belum memutuskan untuk kembali membuka mal pada 5 Juni setelah pelaksanaan PSBB tahap ketiga berakhir pada  4 Juni 2020 mendatang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X