300 Tahanan Lakukan Swab Test Massal, Apa Hasilnya?

- Selasa, 29 September 2020 | 10:18 WIB
Ilustrasi swab test. (INDOZONE/Arya Manggala)
Ilustrasi swab test. (INDOZONE/Arya Manggala)

Sebanyak 300 tahanan di rumah tahanan (rutan) Polda Metro Jaya dan polres jajaran baru saja menggelar swab test massal untuk mendeteksi tahanan yang terpapar virus corona. Hasil swab tes itu disebut polisi sudah keluar dan hasilnya negatif seluruhnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. Yusri mengatakan ratusan tahanan itu negatif terinfeksi virus corona melalui swab test.

"Dari 300 ini kita lakukan uji swab dan semua negatif," kata Kombes Yusri kepada wartawan, Selasa (29/9/2020).

Yusri mengatakan nantinya ratusan tahanan itu akan dipindahkan tempat penahannya. Sebab, mereka adalah tahanan milik pengadilan yang dititipkan serta ada pula tahanan yang baru saja dinyatakan lengkap berkas perkaranya.

"Rencananya tanggal 1 akan kita pindahkan. Jadi tahanan ini yang sudah tahap dua dan dalam kondisi sidang nanti semuanya akan kita limpahkan tanggal 1 (Oktober) ke lembaga pemasyarakatan dalam hal ini Kumham setelah kita lakukan swab terpadu," ungkap Yusri.

Seperti diketahui, setidaknya ada 300 tahanan Polda Metro Jaya yang dilakukan test swab sejak kemarin pagi. Tes itu dilakukan sebagai persyaratan sebelum polisi menyerahkan para tersangka ke jaksa.

"Ketentuan sebenarnya tahanan yang sudah tahap dua dan digeser ke JPU, karena kondisi Covid-19 banyak yang dititipkan ke Polda Metro Jaya, sidang masih berlangsung juga dititipkan ke Polda Metro Jaya. Tapi secara serempak kita semua yang dari jajaran yang sudah tahap dua itu untuk kita sama-sama lakukan swab seluruh tahanan yang akan dilimpahkan," kata Yusri sebelumnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X