BMKG: Jawa Barat Daerah Paling Aktif Gempa di Pulau Jawa

- Rabu, 22 Juli 2020 | 15:05 WIB
Ilustrasi. (INDOZONE)
Ilustrasi. (INDOZONE)

Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam dua tahun terakhir sejak 2019, Provinsi Jawa Barat tercatat sebagai daerah yang paling aktif kejadian gempa bumi di Pulau Jawa.

"Berdasarkan data sebaran akitivitas gempa di Pulau Jawa sejak 2019 tampak wilayah Jawa Barat merupakan kawasan dengan aktivitas seismisitas paling aktif," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Rabu (22/7/2020).

Menurutnya, aktivitas gempa di Jawa Barat tak hanya terjadi di zona megathrust, namun frekuensi aktivitas gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif juga sangat tinggi.

Sejak Januari 2020 hingga saat ini, sudah ada lebih dari 35 aktivitas gempa di Jawa Barat dan banten yang guncangannya dirasakan masyarakat. Karena itu, Daryono mengingatkan agar masyarakat selalu waspada.

Namun, menurut Daryono, aktivitas gempa sebenarnya tidak membunuh dan melukai, tetapi rumah tembok dengan struktur lemah dapat roboh dan menimpa penghuninya.

Sebelumnya pada Selasa (21/7/2020) pukul 20.21 WIB wilayah Sukabumi Jawa Barat diguncang gempa magnitudo 2,8.

Episenter terletak pada koordinat 7,02 LS dan 106,96 BT tepatnya di darat pada jarak 10 kilometer arah tenggara Kota Sukabumi pada kedalaman 9 kilometer.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X