Tak Pedulikan Klaim Curang Kubu Trump, Biden Tunjuk Kepala Staf Gedung Putih Terbaru

- Kamis, 12 November 2020 | 13:29 WIB
 Presiden terpilih Joe Biden. (REUTERS/Jonathan Ernst).
Presiden terpilih Joe Biden. (REUTERS/Jonathan Ernst).

Kemenangan Joe Biden di pilpres AS sedikit tersendat karena dijegal kubu Trump yang menuding ada kecurangan dalam perhitungan suara. Namun hal itu tidak menyurutkan semangatnya, yang dibuktikan melalui aksinya dalam menunjuk langsung staf khusus yang akan membantunya.

Melansir Reuters, Presiden terpilih Joe Biden pada hari Rabu(11/11/2020) menunjuk penasihat lama Ron Klain sebagai kepala staf Gedung Putih sebagai langkah pertamanya dalam masa transisi kepemimpinan. Terlepas dari apakah Presiden Donald Trump menerima hasil pemilihan.

Ron Klain sendiri pernah menjabat sebagai kepala staf Biden ketika dia menjadi wakil presiden di bawah Presiden Barack Obama. 

Baca Juga: Indonesia Dapat Utang Rp15 Triliun dari Australia dengan Tenor 15 Tahun

Klain juga memiliki pengalaman dalam memerangi krisis kesehatan masyarakat, khususnya saat dia bekerja sebagai 'Ebola Czar' selama wabah virus tersebut di Afrika pada masa pemerintahan Obama 2014 lalu. 

-
Joe Biden (kanan) dan Ron Klain (kiri) pada 2014 lalu. (REUTERS/Larry Downing/

Pemilihan Klain sebagai kepala staf merupakan bentuk kritikan tidak langsung terhadap Trump yang dianggap tak becus menangani virus corona di negara tersebut. Klain diharapkan menjadi tokoh kunci dalam respon Biden terhadap krisis kesehatan.

Biden seolah tak memperdulikan kampanye Trump yang mengajukan gugatan federal di Michigan sebagai bentuk strategi hukum dalam langkah membatalkan hasil pemilihan di negara bagian utama tersebut.

Sepanjang minggu, Biden tidak memberikan banyak perhatian publik pada klaim Trump yang tidak berdasar atas kecurangan dalam pilpres. Ia lebih fokus pada masalah transisi saat dia bersiap untuk dilantik pada 20 Januari mendatang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X