Terawan Sampaikan Tantangan Pembangunan Kesehatan Indonesia

- Selasa, 10 November 2020 | 19:45 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (tengah) didampingi jajarannya mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/5). (Photo/ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (tengah) didampingi jajarannya mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/5). (Photo/ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto menyampaikan sejumlah tantangan dalam arah kebijakan Indonesia di masa depan. Menurutnya tantangan itu akan menentukan kemampuan Indonesia dalam bersaing di kancah internasional.

Hal itu disampaikannya dalam pernyataannya secara virtual pada acara Rapat Koordinasi Nasional Konsil Kedokteran indonesia (KKI), Selasa (10/11/2020).

“Pertama, distribusi dokter. Yang perlu kita maknai dari diri kita sendiri, bagaimana supaya bisa (dokter) terdistribusi merata,” ujar Terawan seperti yang dilansir dari Antara, Selasa (10/11/2020).

Terawan juga menjelaskan kebijakan yang telah dilaksanakan, yakni mulai dari dengan melakukan pembinaan kepada institusi pendidikan tinggi untuk memuluskan dokter dan dokter gigi yang punya daya saing global. Tidak hanya itu saja, Menkes Terawan juga mengatakan pihaknya telah memberikan peluang besar untuk melanjutkan ke jenjang spesialis kepada para dokter dan dokter gigi.

Baca juga: Heboh! Sempat Dicekal Pulang, Habib Rizieq: Mereka Dapat Laporan Sampah dari Negeri Ini

Disisi lain, ia menyebut bahwa profesi dokter dan dokter gigi ini merupakan salah satu sektor tenaga kerja yang perlu diperkuat dan dijaga profesionalismenya. Hal tersebut ia nilai sebagai cara untuk mendulang manfaat sebesar-besarnya pada era global dan dapat berkontribusi positif pada negara.

Terawan juga sedikit menyinggung bahwa  Indonesia sejatinya telah memiliki beberapa modal agar terus bisa dalam upaya menjawab tantangan kesehatan tersebut, guna bisa bersaing di tingkat internasional.

“Untuk mewujudkan agar kita bisa bersaing dengan dunia internasional, tentu hanya dapat berhasil apabila kita sudah melakukan transformasi secara beriringan, tidak lagi berjalan sendiri-sendiri, serta berkoordinasi antara pemangku kepentingan,” tutur dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X