The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

DPRD Minta Pemprov Antisipasi Kelangkaan Komoditas Pangan saat PSBB Transisi
Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz. (Indozone/Nani Suherni)
News

DPRD Minta Pemprov Antisipasi Kelangkaan Komoditas Pangan saat PSBB Transisi

Cegah kelangkaan pangan

Rabu, 17 Juni 2020 12:39 WIB 17 Juni 2020, 12:39 WIB

INDOZONE.ID - Komisi B DPRD DKI Jakarta mengingatkan Pemprov DKI untuk mengantisipasi kelangkaan komoditas pangan di masa transisi menuju kehidupan normal baru.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz, meminta Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) mencegah terjadinya lonjakan harga. Sebab dari hasil evaluasi, masih terjadi kelangkaan pada komoditas bawang merah dan gula pasir.

"Selama (masa PSBB) ini masyarakat juga mengeluhkan kelangkaan tersebut, karena ini merupakan satu produk bahan pokok yang digunakan oleh masyarakat," kata Aziz di Jakarta, Rabu (17/6/2020).

Ihwal kelangkaan itu, Dinas KPKP diminta mencari penyediaan cadangan di seluruh unit pangan. Salah satunya memanfaatkan penyimpanan bahan pokok di gudang secara aman, seperti pada produk perikanan yang disimpan di ruang pendingin.

"Metode-metode seperti ini harus diterapkan, jangan hanya di produk-produk kelautan tapi juga produk pangan. Bagaimana produk bawang ini bisa disimpan lama misalnya, bagaimana gula ini bisa disimpan lama," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni, menyampaikan sejumlah daerah pemasok sempat mengalami kelangkaan bawang merah akibat suplai yang terkendala gagal panen.

Dinas KPKP lewat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) kemudian berkoordinasi dengan Perumda Pasar Jaya dan Food Station Tjipinang Jaya (FSTJ) untuk meninjau ketersediaan bawang merah di sejumlah daerah. Tujuannya untuk menjalin kerja sama dengan lebih banyak daerah pemasok.

"Jadi sebenarnya kita sudah koordinasi terus bersama mereka bahwa kita butuh bawang merah sekian, tapi anehnya itu tidak masuk. Makanya kita minta kepada Perumda Pasar Jaya dan juga Food Station kita gali lagi kerjasama dengan antar daerah," katanya.

"Kemarin terjadi beberapa kegagalan panen, itulah yang kemarin menyebabkan kelangkaan terutama di Brebes dan Tegal itu yang paling terdampak," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Dinno Baskoro
Murti Ali Lingga

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US