Emas Dunia Hari Ini Stabil, Imbas Isu Corona yang Runtuhkan Keperkasaan Dolar

- Rabu, 17 Juni 2020 | 10:33 WIB
Ilustrasi emas. (Pexels/Michael Steinberg)
Ilustrasi emas. (Pexels/Michael Steinberg)

Harga emas relatif stabil pada Rabu, karena kekhawatiran terjadinya gelombang kedua infeksi virus corona, yang kemudian meruntuhkan keperkasaan dolar AS. 

Harga emas di pasar spot datar di posisi US$1.727,22 per ounce pada pukul 07.54 WIB, demikian laporan Reuters, di Bengaluru, Rabu (17/6/2020). Emas berjangka Amerika Serikat juga stabil di US$1.737 per ounce.

Beijing melaporkan kasus baru Covid-19 untuk hari keenam dalam serangan wabah terburuk di ibukota Tiongkok itu sejak awal Februari, sementara infeksi virus corona mencapai rekor tertinggi di enam negara bagian Amerika, Selasa.

Pelaku pasar juga mencermati meningkatnya ketegangan secara global, ketika pasukan India dan Tiongkok bentrok di kawasan perbatasan yang disengketakan, sementara Korea Utara meledakkan kantor penghubung antar Korea yang didirikan di kota perbatasan. Emas kerap digunakan sebagai investasi yang aman selama masa ketidakpastian politik dan keuangan.

Prospek dukungan terbaru dari Federal Reserve dan Bank of Japan juga mendukung logam safe-haven  tersebut. Namun, membatasi daya tarik emas, dolar menguat 0,1% terhadap sekelompok pesaingnya setelah rekor kenaikan penjualan ritel Amerika pada periode Mei.

-
Ilustrasi emas. (REUTERS)

Penjualan ritel AS melonjak ke rekor 17,7% pada Mei, melampaui kenaikan 8% yang diperkirakan para analis, dan mendukung pandangan bahwa resesi Amerika mungkin akan berakhir.

Data ekonomi Amerika yang lebih baik dari perkiraan dan hasil uji coba yang cukup menggembirakan bagi pengobatan Covid-19, mengangkat minat investor untuk aset berisiko.

Steroid murah dan banyak digunakan yang disebut dexamethasone menjadi obat pertama yang terbukti dapat menyelamatkan nyawa pasien Covid-19 dalam apa yang dikatakan para ilmuwan adalah 'terobosan besar' dalam pandemi virus corona.

Harga logam lainnya, palladium turun 0,5% menjadi US$1.922,13 per ounce, sementara perak naik 0,4% menjadi US$17,46 per ounce, dan platinum sebagian besar tidak berubah di posisi US$820,04 per ounce. 

Sementara itu dari dalam negeri, harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun pada hari ini, Rabu (17/6/2020).

Mengutip situs Logam Mulia, harga pecahan satu gram emas Antam berada di Rp895 ribu. Harga emas Antam ini turun Rp3 ribu dari harga Selasa (16/6/2020) kemarin di level Rp898 ribu.

Sementara, harga pembelian kembali atau buyback emas Antam juga turun Rp3 ribu dan berada di Rp784 ribu.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X