AHY: Bangsa Indonesia Pernah Lewati Krisis Karena Kebersamaan

- Sabtu, 26 September 2020 | 00:25 WIB
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Photo/Instagram/@agusyudhoyono)
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Photo/Instagram/@agusyudhoyono)

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengingatkan bahwa Bangsa Indonesia pernah melewati rangkaian krisis masa lampau karena teguh memegang kebersamaan.

"Keluarnya Indonesia dari krisis ekonomi global, tahun 2008, adalah karena bersatunya kita untuk mengatasi krisis itu, bersama- sama. Ada kesatuan komando, dan kerja sama yang baik, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, para ekonom, para pelaku dunia usaha baik besar maupun kalangan UMKM, serta dukungan seluruh masyarakat," ujar AHY, dilansir dari Antara, Jumat (25/6/2020).

AHY menilai yang terjadi 12 tahun silam memiliki dampak yang sama dengan krisis saat ini, yaitu krisis ekonomi global. Kendati memang ada perbedaan dari segi faktor penyebab.

Ia juga mengatakan saat itu Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono berhasil memimpin melewati krisis 2008 melalui keep buying strategy, sehingga Indonesia bisa menahan jatuh bebasnya demand agar bisnis tetap bisa bergerak.

"Saat itu pemerintah juga menggelontorkan bantuan langsung tunai bagi masyarakat miskin dan kurang mampu, sehingga mereka masih bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya," kata AHY.

"Saya yakin bahwa sekarang pun kita bisa melakukan hal yang sama. Kuncinya adalah kebersamaan. Sebagaimana orang bijak mengatakan kalau ingin cepat, lakukan sendiri. Tetapi kalau ingin sukses, lakukan bersama-sama," tambahnya.

AHY mengatakan hal itu semestinya mendapatkan perhatian dan bantuan, baik dari negara, pemerintah maupun masyarakat yang lebih mampu.

"Dalam kesempatan ini izinkan saya mengajak para kader dan keluarga besar Demokrat perlu saling berbagi rasa dan empati," jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X