PLN Pastikan Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik Juni 2020

- Sabtu, 13 Juni 2020 | 11:56 WIB
Ilustrasi listrik. (Pixabay)
Ilustrasi listrik. (Pixabay)

PT PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) memastikan tidak akan ada kenaikan tarif listrik pada rekening pelanggan Juni 2020.

General Manager PLN Suluttenggo, Christyono di Manado mengatakan, kenaikan listrik yang sedang ramai diperbincangkan belakangan ini disebabkan karena adanya peningkatan penggunaan listrik pada saat pandemi.

"Kenaikan tagihan listrik lebih disebabkan oleh adanya peningkatan penggunaan listrik pada saat adanya pandemi virus corona atau COVID-19, di mana pada saat itu diberlakukan PSBB, ditambah dengan bertepatan Bulan Puasa di mana secara statistik terjadi kecenderungan kenaikan pemakaian oleh pelanggan," kata Christyono.

Christyono mengatakan, perhitungan tagihan listrik terdiri atas dua komponen utama, yaitu pemakaian yang dikalikan dengan tarif listrik. Menurutnya, tarif listrik tidak pernah naik sejak tahun 2017 lalu. PLN juga mengungkapkan bahwa pihaknya tidak memiliki wewenang untuk menaikkan tarif listrik.

“Kami mendengar dan memahami pelanggan yang mengalami kenaikan tagihan listrik. Namun, kami pastikan bahwa tidak ada kenaikan tarif, tarif listrik tetap sejak 2017. PLN juga tidak memiliki kewenangan untuk menaikkan tarif listrik,” ujarnya.

PLN juga memastikan tidak melakukan subsidi silang dalam pemberian stimulus COVID-19 kepada pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi, karena stimulus diberikan oleh pemerintah.

PSBB yang diberlakukan dalam rangka menekan pandemi COVID-19 menyebabkan PLN tidak melakukan pencatatan meter, sehingga tagihan April menggunakan perhitungan rata-rata pemakaian tiga bulan sebelumnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X