The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pimpinan KKB Hengki Wanmang Ditembak Mati TNI-Polri, Ini Serangkaian Aksi Terornya
Bendera Bintang Kejora dan sejumlah amunisi milik KKB yang berhasil diamankan. (Dok. Humas Polda Papua)
News

Pimpinan KKB Hengki Wanmang Ditembak Mati TNI-Polri, Ini Serangkaian Aksi Terornya

Ikut rencanakan aksi.

Selasa, 18 Agustus 2020 17:51 WIB 18 Agustus 2020, 17:51 WIB

INDOZONE.ID - Hengki Wanmang (31), pengganti Theni Kwalik yang memimpin nahkoda KKB di Kali Kopi tewas ditembak oleh tim gabungan TNI-Polri. Polda Papua pun menjelaskan deretan aksi kriminal dari Hengki.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, peran Hengki salah satunya menggantikan Panglima Makodam III Kali Kopi, Theni Kwalik yang tewas pada 2018 lalu. Hengki dan Joni Botak mengambil peran sebagai pimpinan KKB Kali Kopi.

"Hengki Wanmang merupakan orang yang mengajak beberapa KKB Pegunungan Tengah untuk masuk ke Tembagapura guna melakukan aksi gangguan di areal PT Freeport Indonesia," kata Irjen Paulus dalam keterangannya seperti yang diterima Indozone, Selasa (18/8/2020).

Irjen Paulus menambahkan, Hengki pernah mengikuti deklarasi KKB gabungan Papua di Ilaga, Kabupaten Puncak pada 1 Agustus 2020 lalu yang tujuanya melakukan teror penembakan di Tembagapura. Pada tahun 2009, Hengki diketahui merupakan aktor yang cukup sering melakukan teror kepada masyarakat Papua.

Berikut deretan teror yang dilakukan oleh Hengki Wanmang selama bergabung di KKB:

  1. Penembakan karyawan PT Freeport Indonesia di MP 52 Tembagapura pada 11 Juli 2009. Korban WNA Australia meninggal dunia atas nama Drew Nicholas Grant.
  2. Penembakan karyawan PT Freeport Indonesia di MP 51 Tembagapura pada 12 Juli 2009. Korban Markuas Ratealo meninggal dunia, Edi Piter Bunga, Markus Satu, Petrus Padang, Kamarudin, IPTU Adam Hari, AKP Anggun Cahyono.
  3. Penembakan karyawan PT Freeport Indonesia di MP 54 Tembagapura pada 15 Juli 2009. Korban luka Bripka Jemi Reinhard, Briptu Abraham, Bripda Sumaji, Briptu Saldis Rumaropen dan Briptu Supriadi.
  4. Aksi penyanderaan masyarakat dan karyawan PTFI di Kampung Banti dan Kampung Kimbeli Tembagpura tahun 2017
  5. Aksi pembakaran id card karyawan PT Freeport Indonesia pada 16 Februari 2018 di Kampung Kimbeli, Tembagapura. Peran Hengki menyuruh melakukan sekaligus sebagai pelaku pembakaran.
  6. Aksi Pembakaran SD Banti dan RS Banti pada 24 Maret 2018 di Kampung Banti, Tembagapura. Peran Hengki menyuruh melakukan sekaligus sebagai pelaku pembakaran.
  7. Aksi Penembakan Terhadap 3 Triler, 2 Lwb dan 1 Rantis pada 1 Desember 2017 di MP 60, 61 Tembagapura. Korban luka Adventus Unggu Nugroho. Peran Hengki Sebagai Pelaku Penembakan.
  8. Aksi penembakan terhadap karyawan PT. Freeport Indonesia di Kuala Kencana pada 30 Maret 2020. Korban meninggal Graeme Thomas Wael, korban luka Ucok Simanulangkit dan Jibril Bahar.

Peran Hengki ikut merencanakan aksi namun tidak turun langsung ke lapangan.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US