The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bandara YIA di Kulon Progo Dilengkapi Sistem Peringatan Dini Gempa danTsunami
Bandara internasional Yogyakarta. (ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)
News

Bandara YIA di Kulon Progo Dilengkapi Sistem Peringatan Dini Gempa danTsunami

Jumat, 28 Agustus 2020 14:22 WIB 28 Agustus 2020, 14:22 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo meresmikan andara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari ini, Jumat (28/8/2020).

Proses pengerjaan bandara internasional Yogyakarta ini terbilang cukup cepat, yaitu hanya 20 bulan. PT Angkasa Pura I (Persero) membangun Bandar Udara Yogyakarta International Airport melengkapi bandara dengan pendeksi bencana alam seperti gempa, tsunami hingga cuaca ekstrem.

Selain itu, Bandara YIA juga memiliki kemampuan memitigasi untuk meminmalisir kerusakan dan korban. Hal ini dijelaskan oleh Direktur Utama AP I, Faik Fahmi dalam keterangan pers tertulis pada Jumat (28/8/2020).

“Sistem terpadu peringatan dini ini sekaligus melengkapi sistem evakuasi dan manajemen bencana yang telah kami rancang sejak tahap perencanaan. Desain dan struktur seluruh bangunan di area YIA telah siap untuk dijadikan tempat evakuasi sementara (TES) ketika terjadi gempa dan tsunami,” kata Fahmi.

Faik mengatakan, YIA dibangun dengan memperhitungkan kemampuan memitigasi gempa sampai 8.8 magnitudo dan tinggi gelombang tsunami hingga 8 sampai 12 meter dari permukaan laut.

Faik menyebut YIA sebagai bandara kelas dunia yang mengutamakan aspek kenyamanan, keamanan dan keselamatan.

“Layanan bandara berkelas dunia dengan mengutamakan aspek kenyamanan, keamanan, dan keselamatan bagi seluruh pengguna jasa bandara,” ujar Faik.

Pembangunan bandara ini diketahui menghabiskan anggaran pembebasan lahan hingga kontruksi sebesar Rp11,3 trilun dengan rincian pembebasan lahan sebesar Rp4,2 triliun, dan untuk kontruksi baik terminal dan runway sebesar Rp7,1 triliun.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US