Restoran di Korsel Terpaksa Tutup Gegara YouTuber yang Giring Opini, Ujungnya Minta Maaf

- Rabu, 23 Desember 2020 | 19:39 WIB
YouTuber bernama HayanTree. (Photo/YouTube/HayanTree)
YouTuber bernama HayanTree. (Photo/YouTube/HayanTree)

Belum lama ini, sebuah restoran di Korea Selatan terpaksa tutup gegara ulah seorang YouTuber bernama HayanTree memberikan yang review negatif.

Akibat video tersebut, restoran itu mendapatkan kritikan hingga pada akhirnya sang pemilih harus menutup usaha kulinernya. Namun, belakangan ini terungkap kalau review YouTuber tersebut salah. Keadaan pun berbalik. Kini sang YouTuber yang dihujat netizen.

HayanTree merupakan seorang YouTuber dengan 700 ribu subscriber, mengunggah video review tentang sebuah restoran pada 7 Desember 2020 lalu.

Restoran berkonsep all-you-can-eat itu menyediakan makanan utama kepiting yang dimarinasi saus spesial. Ada satu adegan yang memperlihatkan YouTuber tersebut mengisi ulang piringnya, dan mendapati ada butir-butir nasi di hidangan kepiting tersebut.

Baca juga: Sudah Datang Jauh-jauh, Cowok Ini Malah Ditolak Cewek, Netizen Soroti Isi Bucketnya

Selain itu, video yang diunggahnya kemudian menggiring opini, membuat penonton berspekulasi, bahwa restoran di Kota Daegu tersebut menghidangkan makanan sisa yang tidak terjual. Video review itu pun jadi viral dan dilihat hingga 1 juta kali.

Hanya dalam hitungan hari reputasi restoran itu langsung hancur. Banyak kritikan dialamatkan pada restoran dan pemiliknya, hingga mereka harus tutup toko beberapa hari setelahnya.

Staf restoran berusaha menjelaskan bahwa mereka tidak menggunakan kembali makanan sisa dan berani menyertakan bukti video CCTV. Penjelasan itu mereka tuliskan di kolom komentar tapi tak digubris.

"Kurang dari 2-3 jam setelah YouTuber itu mengunggah video, staf kami beberapa kali menjelaskan bahwa kami tidak menyajikan ulang makanan sisa dan kami bisa membuktikannya dengan CCTV, tapi komentar kami di-block sehingga orang-orang tidak melihatnya," jelas pemilik restoran, dilansir dari All K Pop, Rabu (23/12/2020).

Berdasarkan keterangan pemilik restoran, rekaman CCTV memperlihatkan bahwa butiran nasi yang dipermasalahkan HayanTree ternyata bukan berasal dari hidangan kepiting yang diambilnya. Melainkan sisa dari makanan yang dia santap dan tertinggal di piring sebelum dirinya mengambil refill.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X