Kronologi Peristiwa Terbaliknya Kapal Feri di Sambas, Terjadi saat Proses Bongkar Muatan

- Sabtu, 20 Februari 2021 | 18:42 WIB
Kondisi kapal feri terbalik dan penumpang yang segera menyalamatkan diri. (ANTARA/Istimewa)
Kondisi kapal feri terbalik dan penumpang yang segera menyalamatkan diri. (ANTARA/Istimewa)

Pihak PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Pontianak menjelaskan bahwa KMP Bili terbalik saat proses bongkar muatan di Dermaga Perigi Piai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

“Terbaliknya KMP Bili saat bongkar muat pada Sabtu (20/2/2021) sekitar pukul 14.00 WIB,” ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dilansir dari ANTARA, Sabtu (20/2/2021).

Shelvy mengatakan, ASDP segera merespon peristiwa tersebut dengan berkoordinasi dengan regulator dan mitra kerja setempat untuk melakukan proses penyelamatan.

“Saat ini tim penyelamat gabungan dari unsur Basarnas Pos Sintete, KSOP Sintete, Polsek Tebas, Tagana Tebas Tengah menuju ke lokasi untuk melakukan proses evakuasi. Adapun perkembangan informasi akan kami laporkan secara berkala,” kata dia.

Sebelumnya, Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili mengungkap penyebab terbaliknya kapal feri KMP Bili terbalik di Penyeberangan Dermaga Perigi Piai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Sabtu (20/2/2021).

Menurut Atbah, terbaliknya KMP Bili terbalik karena diterpa angin kencang. Dia juga meragukan faktor kapasitas menjadi penyebab peristiwa itu terjadi.

"Dalam kapal tersebut ada 40 sepeda motor, 11 truk bermuatan material, 2 mobil pribadi. Dari kapasitas tidak juga. Tentu kejadian ini faktor angin yang kencang," ujarnya dilansir dari ANTARA.

Menurut Atbah, belum ada laporan korban jiwa atas kejadian tersebut. Dia juga mengaku sudah mengunjungi langsung lokasi kejadian.

"Kita bersama Forkopimda terkait langsung ke lokasi. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa," ujarnya.

Atbah menambahkan, kejadian tersebut menyebabkan sejumlah penumpang mengalami luka. Mereka langsung dilarikan ke layanan kesehatan terdekat.

"Kita terus memantau dan mendata penumpang. Korban luka telah dibawa ke layanan kesehatan," katanya.

Sementara itu, Tim SAR gabungan juga turut melakukan evakuasi ke lokasi.

"Kejadian terbaliknya kapal feri itu cukup cepat, dan saat ini tim penyelamat dari Pos SAR Sintete sudah di lokasi kejadian," kata Kepala Kantor SAR Pontianak Yopi Haryadi dilansir dari ANTARA.

Kapal Feri KMP Bili terbalik di Penyeberangan Dermaga Perigi Piai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Sabtu (20/2/2021).

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X